expos55.com, Palangka Raya – Dalam rangka kesiapsiagaan mengantisipasi terjadinya bencana banjir di wilayah Kota Palangka Raya, Satuan Samapta Polresta Palangka Raya melakukan pengecekan debit air di sungai Kahayan.

Kesiapsiagaan tersebut ditunjukkan dengan menggelar Patroli Pengecekan Debit Air Sungai Kahayan, yang dilakukan oleh Wakasat Samapta, Iptu I Ketut Warsa bersama para personel, Kamis (2/9/2021).

Wakasat Samapta menerangkan, patroli tersebut dilakukan pada beberapa lokasi di dalam Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, yang memungkinkan untuk memantau ketinggian debit air Sungai Kahayan.

“Mulai dari kawasan Jalan Mendawai, Pelabuhan Rambang di Jalan Sulawesi dan Seth Adji, di mana terdapat kawasan yang berbatasan langsung dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan,” ungkap Ketut.

Dirinya menjelaskan, pemantauan debit air dilakukan guna mengetahui kondisi maupun potensi akan terjadinya bencana banjir di beberapa kawasan Kota Palangka Raya, terutama pada daerah yang berdataran rendah.

“Hingga saat ini ketinggian debit air Sungai Kahayan terpantau telah mencapai 3 Meter dari kondisi normalnya, yang diakibatkan oleh tingginya intensitas hujan beberapa hari belakangan ini di Kota Palangka Raya,” terangnya.

Selain melakukan pemantauan, dirinya bersama personel pun menyampaikan imbauan dan pesan kamtibmas kepada masyarakat yang bermukim maupun beraktivitas pada kawasan tersebut.

“Jaga keselamatan dan keamanan diri maupun keluarga masing-masing, karena saat ini ketinggian debit air Sungai Kahayan sedang meningkat, apabila terjadi suatu kerawanan agar segera melaporkannya pada pelayanan kepolisian,” imbau Ketut.

Melanjutkan imbauannya, dirinya pun mengingatkan masyarakat sekitar agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan dimasa Pandemi Covid-19 yang masih melanda hinga saat ini di Kota Palangka Raya.

“Senantiasa memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas dan interaksi saat beraktivitas sehari-hari, agar terhindar dari resiko penularan Virus Corona,” pungkasnya.

 

 

(MC. Isen Mulang/Humas Polres/Nitra/rz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here