Palangka Raya Expos55.com Pelaksanaan program penurunan angka stunting, hingga kini gencar dilaksanakan Pemerintah Kota Palangka Raya. Berbagai cara dan upaya terus dilakukan melalui intansi terkait. Salah satunya membentuk tim khusus pengendalian stunting.

Demikian hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlidungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBP3M) Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan.

“iya, dengan berbagai upaya dan langkah strategis yang dilakukan secara bersinergi dari banyak pihak, termasuk masyarakat, maka kami yakin Kota Palangka Raya akan bebas dari stunting,”ungkap Sahdin, Rabu (27/4/2022).

Sejauh ini kata dia, tim khusus yang sudah dibentuk, telah melakukan tugasnya secara optimal. Salah satu langkah strategis yang dilakukan yakni sebagai tim pendamping Keluarga Berencana (KB).

Disisi lain DPPKBP3M melalui tim dilapangan juga terus melakukan peningkatan disemua program dalam mendukung upaya pencegatan stunting. Seperti penguatan fungsi posyandu yang merupakan garda terdepan dalam penanganan stunting.

“Terlepas dari itu kami akan meningkatkan kualitas tim percepatan penurunan stunting ini. Mulai dari level kelurahan, kecamatan dan kota,”bebernya.

Kedepan sambung Sahdin, pihaknya akan melakukan penguatan terhadap kinerja tim percepatan penanganan stunting. Seperti melakukan pendampingan kelurga berencana, pendampingan terhadap pasangan yang akan menikah dan pendampingan pada pasangan usia produktif.

“Kami juga akan memberikan penguatan kepada Tim Pendamping Keluarga (TPK), yang terdiri dari PKK, bidan dan para kader keluarga berencana,”pungkasnya. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here