Sukamara Expos55.com  Bupati Sukamara Kalimantan Tengah Windu Subagio menuntut semua satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) terus meningkatkan kinerja karena semua mempunyai peranan penting sesuai bidang masing-masing yang tidak terpisahkan dalam tubuh pemerintah daerah.

“Jangan ada anggapan atau merasa bahwa ada SOPD lebih penting dan keren. Semua SOPD penting,” tegas Windu di Sukamara.

Hal itu ditegaskannya untuk meyakinkan semua pihak bahwa dirinya memandang setiap SOPD mempunyai peran penting dalam jalannya pemerintahan dan menyukseskan pembangunan daerah.

Setiap SOPD sudah diberikan tugas pokok dan fungsi serta tanggung jawab di bidang masing-masing. Hal ini tidak bisa disamaratakan karena bidang tugasnya juga berbeda-beda.

Untuk itu setiap pejabat atau pegawai diminta bekerja optimal di manapun diberi amanah menjalankan tugas. Kemampuan pegawai akan terlihat dari kinerjanya, bukan dari tempat di mana dia tugaskan.

Dia juga meminta semua pihak tidak membeda-bedakan atau membuat stigma tertentu terhadap setiap SOPD. Semua SOPD memiliki peran penting sehingga pimpinan dan pegawai SOPD tersebut harus bekerja optimal dalam melaksanakan program yang telah direncanakan.

Terlebih di tengah terbatasnya anggaran imbas pandemi COVID-19 saat ini. Kemampuan dan terobosan seorang kepala SOPD sangat dibutuhkan agar instansinya tetap mampu optimal dalam melaksanakan program kerja.

Keberhasilan pemerintah daerah dilihat secara utuh, bukan hanya pada SOPD tertentu. Untuk itu semua SOPD diharapkan bisa menunjukkan hasil kinerja yang optimal sesuai harapan.

Dia meminta jangan sampai ada anggapan ataupun penilaian ada SOPD lebih penting karena sisi anggaran yang diterima lebih besar dari SOPD lain. Perbedaan anggaran yang diterima menyesuaikan tugas dan fungsi pelayanan masing-masing sehingga wajar jika kebutuhan anggarannya juga berbeda-beda.

“Jangan sampai karena kepala SOPD dipercayakan memimpin dinas yang mempunyai anggarannya kecil, lantas menjadi malas-malasan dalam bekerja. Sikap seperti itu sangat keliru dan jangan sampai ada,” demikian Windu Subagio.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here