Sukamara Expos55.com Bupati Sukamara Kalimantan Tengah Windu Subagio mengapresiasi dan merespons hasil reses yang disampaikan anggota DPRD setempat yang merupakan aspirasi dari masyarakat di daerah pemilihan masing-masing.

“Ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya saya sampaikan kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Sukamara yang telah menyampaikan hasil kunjungan kerja. Sebab, kegiatan reses ini merupakan kilas balik dari tugas dan fungsi DPRD, sebagai representasi keterwakilan masyarakat melalui daerah pemilihan,” kata Windu di Sukamara, Selasa.

Windu menghadiri rapat paripurna penyampaian laporan hasil kunjungan kerja atau reses anggota DPRD Kabupaten Sukamara ke daerah pemilihan masing-masing pada rapat paripurna ke 1 dalam rangka pembukaan masa persidangan III tahun sidang 2021/2022.

Menurutnya, kegiatan reses menunjukkan komitmen yang teguh, serta upaya yang sungguh-sungguh para anggota dewan dalam menjalankan amanah sebagai wakil rakyat.

Pihaknya secara bersama-sama mendengarkan laporan hasil reses secara langsung. Anggota DPRD sebagai wakil rakyat mengadakan pengecekan untuk mendengar, merasakan, melihat dan bertatap muka langsung dengan masyarakat.

“Tujuannya, tentu agar dapat mengetahui apa yang menjadi aspirasi masyarakat untuk diimplementasikan ke dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan di Kabupaten Sukamara sesuai dengan mekanisme perencanaan dan kemampuan anggaran yang tersedia,” katanya.

Windu menjelaskan, melalui reses DPRD, tentunya terdapat kegiatan-kegiatan yang dipaduserasikan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah daerah. Aspirasi itu juga tidak dapat dipisahkan dengan hasil musyawarah perencanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah di tingkat desa, kecamatan maupun kabupaten.

“Melalui kesempatan ini, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD, yang pada saat reses telah ikut mensosialisasikan seluruh program pemerintah, menampung aspirasi masyarakat sesuai daerah pemilihan masing-masing, serta menjalin komunikasi dua arah yang baik dengan masyarakat,” ungkapnya.

Selain itu, menurutnya, harus diakui bahwa lembaga legislatif secara terus-menerus memberi pengawasan dan dukungan kepada lembaga eksekutif, untuk mendorong percepatan pembangunan daerah. Lembaga terhormat ini juga sangat proaktif menciptakan kondisi kemitraan kerja, antara kewenangan yang dimiliki eksekutif dan kewenangan yang dimiliki legislatif.

“Dengan membangun kemitraan yang sinergi akan terjalin suasana yang harmonis, sehingga mudah mengkoordinasikan berbagai hal, termasuk untuk memaksimalkan potensi daerah. Oleh karenanya, hubungan kemitraan yang telah dibangun selama ini, hendaknya dapat lebih dipertahankan secara konsisten untuk masa-masa mendatang,” demikian Windu Subagio.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here