Pulang Pisau Expos55.com Sebanyak 170 nelayan tergabung di dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bina Karya di Desa Jabiren Kecamatan Jabiren Raya Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah menerima bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan yang diserahkan oleh Bupati Pudjirustaty Narang.

“Bantuan alat tangkap ikan kepada kelompok usaha bersama dari pemerintah setempat merupakan salah satu perhatian kepada para nelayan untuk membantu meningkatkan hasil usaha tangkapan ikan para nelayan,” kata Pudjirustaty di Pulang Pisau, Kamis.

Alat tangkap ikan ramah lingkungan jenis tampirai yang diberikan kepada nelayan itu bertujuan untuk menjaga kelestarian ekosistem ikan tawar yang ada di wilayah Kecamatan Jabiren Raya dan sekitarnya.

Pemberian bantuan alat tangkap ikan sebagai salah satu wujud kepedulian pemerintah setempat untuk memberikan kesejahteraan keluarga para nelayan.

Pudjirustaty berharap dengan adanya bantuan alat-alat ini diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan para nelayan.

Ia meminta apapun permasalahan yang di hadapi masyarakat dan para nelayan, hendaknya bisa dikomunikasikan dan dikoordinasikan sehingga setiap permasalahan dapat diatasi karena pemerintah daerah setempat memberikan berbagai bentuk bantuan tidak lain demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pulang Pisau.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pulang Pisau Slamet Untung Rianto mengungkapkan wilayah di Kecamatan Jabiren Raya memiliki potensi untuk dikembangkan perikanan air tawar.

“Kami menginginkan bantuan alat tangkap ikan kepada kelompok usaha bersama di Desa Jabiren Kecamatan Jabiren Raya ini bisa dipergunakan dan dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan ekonomi keluarga,” kata Slamet.

Menurut Slamet, bantuan alat tangkap ikan ramah lingkungan jenis tempirai ini, diharapkan bisa meningkatkan hasil usaha tangkapan ikan masyarakat nelayan di desa setempat.

Selain itu, bantuan ini mendorong daerah lainnya untuk mengembangkan budidaya ikan tawar sebagai komoditas alternatif masyarakat dalam peningkatan perekonomian masyarakat di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bina Karya Desa Jabiren Kecamatan Jabiren Raya Sumiarsih memberikan apresiasi terhadap pemerintah setempat. Bantuan alat tangkap ikan kepada kelompoknya ini tentunya sangat membantu meningkatkan hasil usaha ikan tangkap bagi kelompok masyarakat nelayan di desa setempat.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here