Pulang Pisau Expos55.com Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dalam momentum Hari Jadi Kabupaten Pulang Pisau ke-19 mengingatkan kepada seluruh aparatur di pemerintahan dan masyarakat di kabupaten setempat masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikejar dan diselesaikan dalam mewujudkan Bumi Handep Hapakat yang inovatif, produktif dan sehat dalam tatanan baru.

“Dalam momentum hari jadi ini mengajak kita merenung sejenak, pasti sudah banuak suka dan duka yang dilalui bersama. Dengan semangat kebersamaan dalam semboyan Handep Hapakat dipadukan dalam falsafah Huma Betang, kita yakin dengan pertolongan Tuhan YME dan kebersamaan bisa mealui berbagai tantangan ke depan,” kata Pudjirustaty di Pulang Pisau, Jumat.

Dikatakan Pudjirustaty, beberapa hal yang harus dikejar dalam pencapaian target pembangunan di kabupaten setempat adalah fokus pada pembukaan dan keterisolasian daerah dan peningkatan jalan penghubung antar desa dan kecamatan yang setiap tahun diupayakan peningkatannya.

Dari capaian hasil pembangunan saat ini, terang Pudjirustaty, bahwa tingkat pertumbuhan ekonomi pada Tahun 2020 lalu pada data Badan Pusat Statistik (BPS) sebesar 2,69 persen. Laju pertumbuhan ekonomi menempati urutan tertinggi di Provinsi Kalimantan Tengah yakni menempati peringkat kedua.

Dari angka pertumbuhan ekonomi itu, kontribusi terbesar diberikan sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan sebesar 36,76 persen. Angka tersebut menjadi relevan dengan masuknya program ketahanan pangan nasional yang menjadi pemicu dan berdampak luas bagi pembangunan serta kesejahteraan masyarakat di kabupaten setempat.

Terkait dengan pelaksanaan vaksinasi, kata Pudjirustaty, berdasarkan laporan Satgas Penanganan COVID-19 bahwa capaian vaksinasi tahap pertama 112,44 persen. Capaian angka tersebut sangat baik dari alokasi vaksin 22.825 dengan sasaran utama adalah tenaga kesehatan, pelayanan publik, lansia, dan masyarakat lainnya.

Dosis yang terpakai tercatat 22.664 dosis yang diartikan penyaluran vaksin telah melampaui target yang ditetapkan.

“Harapan saya Kabupaten Pulang Pisau selalu berjaya, tetap sehat karena Tuhan selalu bersama kita,” demikian Pudjirustaty.

(antara )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here