Sampit Expos55.com  Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Halikinnor menegaskan  Karang Taruna adalah mitra pemerintah di bawah Kementerian Sosial sehingga wajib didukung semua pihak.

“Kita akan dukung Karang Taruna karena merupakan mitra pemerintah dalam bidang kemasyarakatan. Karang Taruna bersama bupati dalam membangun daerah,” tegas Halikinnor di Sampit, Minggu.

Penegasan itu disampaikan Halikinnor saat menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-61 Karang Taruna. Kegiatan dilaksanakan di Jalan Kihajar Dewantara yang ditetapkan sebagai Kawasan Pendidikan Beriman atau Bersih, Indah dan Nyaman.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Fajrurrahman, anggota Komisi III DPRD Riskon Fabiansyah, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Wiyono, Ketua Karang Taruna Kalimantan Tengah Abdul Hafid, Ketua Karang Taruna Kotawaringin Timur Alang Arianto dan pejabat lainnya.

Halikinnor menegaskan, Karang Taruna bisa terlibat berbagai program yang dijalankan pemerintah. Karang Taruna merupakan potensi besar yang harus diberdayakan untuk mendukung pembangunan daerah.

Dia mengapresiasi inovasi-inovasi yang dibuat Karang Taruna Kotawaringin Timur. Salah satunya adalah membersihkan lingkungan, memasang lampu serta menggelar lomba mural sehingga Jalan Kihajar Dewantara yang sebelumnya dipenuhi tumpukan sampah, kini menjadi Kawasan Pendidikan Beriman yang bersih, indah dan nyaman.

Halikinnor menyadari besarnya potensi yang dimiliki Karang Taruna jika diberdayakan membantu pemerintah, khususnya di bidang sosial kemasyarakatan. Untuk itu dia menginstruksikan seluruh camat, lurah dan kepala desa untuk membina dan mengaktifkan Karang Taruna di wilayah masing-masing, bahkan hingga di tingkat rukun tetangga atau RT.

“Karang Taruna Kotawaringin Timur harus menjadi yang terbaik di Kalimantan Tengah. Kalau ada kendala, silakan datang berdiskusi atau berdialog dengan kami. Pemerintah daerah akan mendukung Karang Taruna,” ujar Halikinnor.

Ketua Karang Taruna Kalimantan Tengah Abdul Hafid mendorong pemerintah daerah menumbuhkan Karang Taruna hingga ke tingkat paling bawah karena esensi Karang Taruna justru ada di desa, kelurahan, bahkan tingkat RW dan RT.

Bupati, camat, lurah dan kepala desa selaku pembina Karang Taruna di tingkatan wilayah masing-masing, sudah seharusnya turun tangan dalam pembinaan Karang Taruna. Justru, pemerintah bisa memberdayakan Karang Taruna dalam membantu pelaksanaan program-program pembangunan daerah.

“Kita bangun Karang Taruna sebesar-besarnya untuk membangun sumber potensi kesejahteraan sosial di tengah-tengah masyarakat. Semua instansi mempunyai tanggung jawab bersinergi dan membina Karang Taruna, sesuai dengan bidang kegiatan yang sedang dijalankan,” jelas Hafid.

Ketua Karang Taruna Kotawaringin Timur Alang Arianto menyampaikan terima kasihnya atas dukungan pemerintah daerah selama ini. Karang Taruna juga terus berupaya berkontribusi dalam membantu pemerintah di berbagai bidang.

“Termasuk di Kawasan Pendidikan Beriman ini, pembersihan dan lomba mural yang digelar bertujuan untuk mengubah kawasan yang tadinya kumuh dan kotor karena jadi tumpukan sampah, kini menjadi bersih, indah dan nyaman. Ini salah satu cara Karang Taruna membantu mengatasi masalah sampah,” jelas Alang.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here