Sampit Expos55.com Perbaikan jalan di wilayah utara Kabupaten Kotawaringin Timur akan dilaksanakan tahun ini dengan bantuan dana dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dengan sistem pendanaan tahun jamak atau multi years.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah provinsi, khususnya kepada Pak Gubernur yang sangat memperhatikan Kotawaringin Timur. Mudah-mudahan tidak ada perubahan sehingga rencana peningkatan jalan tersebut bisa terlaksana tahun ini,” kata Bupati Halikinnor saat Safari Ramadhan di Masjid Jami Al Ma’suum Kuala Kuayan, Minggu.

Ini merupakan rangkaian Safari Ramadhan di wilayah utara. Hari ini Safari Ramadhan dilaksanakan di Kuala Kuayan bagi masyarakat Kecamatan Mentaya Hulu dan Bukit Santuai.

Sabtu (8/5) kemarin Safari Ramadhan dilaksanakan di Masjid At Thohar Desa Beringin Agung Kecamatan Telaga Agung yang diikuti masyarakat Kecamatan Telaga Antang, Antang Kalang dan Tualan Hulu.

Wilayah utara meliputi enam kecamatan yaitu Parenggean, Antang Kalang, Telaga Antang, Mentaya Hulu, Tualan Hulu dan Bukit Santuai.

Saat ini jalan di wilayah utara masih banyak yang rusak. Pemerintah provinsi turun tangan membantu karena jalan poros yang melintasi enam kecamatan tersebut memang di bawah kewenangan pemerintah provinsi.

Halikinnor menyebutkan, informasi yang diterimanya, ruas jalan yang akan ditingkatkan yaitu dari simpang Pelantaran hingga Parenggean, Parenggean-Kuala Kuayan, Kuala Kuayan-Tanjung Jariangau, Kuala Kuayan-Tumbang Sangai, dan Tumbang Sangai-Antang Kalang.

Saat ini waktu tempuh dari Sampit ke Antang Kalang sekitar enam hingga tujuh jam, apalagi saat musim hujan karena jalan becek sehingga waktu tempuh bisa lebih lama. Jika jalan sudah ditingkatkan maka waktu tempuh akan lebih singkat.

Bantuan peningkatan jalan juga akan dilaksanakan pada jalan di kawasan selatan yaitu Sampit-Samuda dan Samuda-Ujung Pandaran.

Secara umum, dana untuk program tahun jamak yang akan digelontorkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ke Kabupaten Kotawaringin Timur mencapai Rp630 miliar. Programnya tidak hanya pembangunan fisik infrastruktur, tetapi juga bantuan lain seperti di bidang pertanian, peternakan dan lainnya.

“Kami minta masyarakat bersabar. Mari kita doakan mudah-mudahan tidak ada kendala sehingga jalan di wilayah utara ini akan mulia beraspal. Semoga itu nanti dapat meningkatkan perekonomian masyarakat kita,” demikian Halikinnor.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here