Sampit Expos55.com Bupati Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah Halikinnor berharap anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka setempat menjadi generasi penerus yang berkualitas sehingga bisa menjadi harapan dalam membawa kemajuan bagi negara dan daerah ini.

“Mereka yang terpilih tentunya kader terbaik. Mungkin nanti mantan anggota Paskibra bisa jadi anggota polisi, TNI dan ASN karena mereka punya potensi dan itu kelebihan mereka,” kata Halikinnor di Sampit, Senin.

Harapan itu disampaikan Halikinnor usai mengukuhkan 75 anggota Paskibraka Kabupaten Kotawaringin Timur yang akan menjalankan tugas menaikkan dan menurunkan bendera merah putih pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion 29 November Sampit pada Selasa (17/8) pagi.

Ada 75 orang anggota Paskibraka Kabupaten Kotawaringin Timur. Awalnya ada empat orang yang diutus ke tingkat provinsi untuk bergantung dengan Paskiraka provinsi, namun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 berlanjut dan mereka kembali bergabung dengan Paskibraka Kotawaringin Timur.

Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Serbaguna Sampit dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19. Bahkan tahun ini orangtua anggota Paskibraka tidak dihadirkan menyaksikan pengukuhan tersebut karena untuk mencegah kerumunan warga.

Halikinnor menjelaskan, anggota Paskibraka merupakan pelajar-pelajar terbaik dan pilihan. Mereka terpilih dari ratusan pelajar yang mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka beberapa waktu lalu.

Ini menunjukkan anggota Paskibraka terpilih tersebut mempunyai kelebihan. Tidak hanya dari kemampuan fisik, tetapi juga dari kemampuan lain yang menjadi penilaian sehingga mereka dinilai layak.

Terlebih selama masa pendidikan dan pelatihan di tempat karantina, anggota Paskibraka dibekali berbagai pengetahuan. Mereka juga dilatih untuk disiplin dalam segala hal.

Pendidikan dan pelatihan tersebut diharapkan mampu menjadi bekal berharga dan membentuk karakter mereka. Ini sangat bermanfaat sebagai bekal para generasi penerus ini untuk menapaki masa depan yang baik nantinya.

Halikinnor mendoakan agar Paskibraka selalu dalam keadaan sehat sehingga bisa menjalankan tugas dengan baik. Tugas ini cukup berat namun dia yakin semua akan berjalan dengan lancar dan sukses.

“Saat ini masih pandemi Corona, saya tidak menjanjikan bonus. Kita lihat perkembangan, tapi yang jelas kita beri penghargaan dan motivasi. Kalau dulu Paskibraka kita beri bonus berupa liburan ke luar daerah, tapi sekarang tidak bisa karena adanya pandemi. Yang jelas kita bangga dengan putra-putri ini,” demikian Halikinnor.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here