Pangkalan Bun Expos55.com Bupati Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Nurhidayah mengucapkan selamat kepada Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah yang telah dinobatkan sebagai Sultan XV Kutaringin.

Harapannya Sultan XV Kutaringin yang baru dinobatkan dapat terus mendukung dan membantu pemerintah daerah semakin memajukan pembangunan serta mensejahterakan masyarakat, kata Nurhidayah di Pangkalan Bun, Rabu.

“Kami dari Pemkab Kobar pun akan terus bersinergi dan membantu semampunya kepada Sultan XV Kutaringin,” ucapnya.

Menurut orang nomor satu di Pemkab Kobar itu, keberadaan Kesultanan dan Sultan Kutaringin di wilayah setempat sangat penting. Sebab, keberadaan kesultanan tersebut bukan hanya melestarikan budaya, tapi juga menjadi pengingat sejarah bagi masyarakat, terkhusus generasi muda.

Nurhidayah mengatakan, Kobar menjadi satu dari sedikit daerah di Indonesia yang masih memiliki kesultanan hingga saat ini. Hal itu tentunya menjadi keuntungan sekaligus daya tarik tersendiri juga dalam menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara.

“Pemkab pun tentunya sangat terbantu dalam menjaga sekaligus melestarikan budaya yang ada di Kobar,” ucapnya.

Bupati Kobar itu kembali menyampaikan komitmen dirinya dan seluruh jajaran Pemkab, untuk tetap mendukung dan semakin meningkatkan berbagai aktivitas maupun kegiatan Kesultanan Kutaringin.

“Langkah itu kami lakukan sebagai bentuk komitmen kami bagaimana menghargai nilai-nilai sejarah, budaya sekaligus bentuk rasa memiliki daerah ini,” kata Nurhidayah.

Selain penobatan Pangeran Ratu Alidin Sukma Alamsyah sebagai Sultan XV Kutaringin, digelar juga peringatan atau milad ke-44 Sultan XV Kutaringin. Kegiatan yang digelar di Istana Kuning itu rencananya akan dilaksanakan selama tujuh hari.

Nurhidayah pun berharap kegiatan ini memberikan pengetahuan kepada generasi muda di kabupaten setempat, terhadap nilai-nilai sejarah dan budaya yang dimiliki Kobar.

“Semoga anak cucu kita di masa yang akan datang  kita memiliki semangat yang sama untuk menjaga nilai-nilai budaya ini,” demikian Nurhidayah.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here