expos55.com, Kobar – Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah, menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional (Rakorwasdanas) Tahun 2021 sekaligus Launching Pengelolaan MCP bersama antara KPK, Kemendagri dan BPKP. Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini diikuti dari ruang rapat Sekretariat pada Selasa (31/8/2021).

Kegiatan yang dibuka resmi oleh Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian ini untuk memantapkan pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan Pemerintah Daerah oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Tito Karnavian mengarahkan kepada seluruh kepala daerah untuk mendukung MCP serta menugaskan para Inspektur di setiap daerah agar tersambung dengan sistem MCP.

Pengelolaan sistem MCP ini sebagai pendorong pemerintah daerah untuk melakukan transformasi nilai dan praktek, sehingga tercipta tata kelola pemerintah daerah yang baik.

“Saya harap kepala daerah terutama Bappeda untuk mengamati betul perencanaan APBD ini agar bisa memparalel sesuai dengan kebutuhan masyarakat real di tingkat 2 masing-masing, begitupun dengan tingkat 1 dan tingkat nasional,” ujar Tito Karnavian.

“Acara ini juga diharapkan mampu membangun kesamaan persepsi terhadap kebijakan yang telah ditetapkan pemerintah, dalam pengelolaan di masa pandemi, dan fokus pada sasaran pengawasan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah,” tambahnya.

Intervensi ini sebagai fungsi pemerintah dan pengawasan umum diantaranya perencanaan dan penganggaran APBD, pengadaan barang dan jasa, pelayanan terpadu satu pintu, kapabilitas APIP, manajemen ASN, dana desa, optimalisasi pendapatan daerah dan manajemen aset daerah.

 

(prokom kobar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here