AMUNTAI Expos55.com Melonjaknya angka kasus Covid-19 di berbagai daerah di Tanah Air, membuat kebutuhan tabung oksigen medis meningkat. Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) H. Abdul Wahid HK melakukan monitoring ketersedian pasokan oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pambalah Batung Amuntai, Rabu (21/7/2021).

Didampingi langsung Direktur RSUD Pambalah Batung Amuntai Kehadiran dr. Mochammad Yandi Friyadi, dalam monitoring ini Bupati HSU memastikan ketersediaan oksigen di RSUD Pembalah batung Amuntai lancar dan aman.

dr. Mochammad Yandi Friyadi mengatakan saat ini, RSUD Pambalah Batung Amuntai pada tahun 2019 telah melakukan pembelian mesin generator oxigen central.

Menurutnya, mesin ini berfungsi menghasilkan oksigen dengan kapasitas 100 liter per menit (LPM) , dan tersedia ada 2 mesin jadi totalnya 200 LPM dengan 1 hari nya bisa memproduksi 16 tabung oksigen.

“Mesin ini bukan cuma sebagai penampung oksigen tapi juga penghasil oksigen. Jadi RSUD bisa memproduksi oksigen sendiri dan dimana saat pandemi Covid-19 ini dimana oksigen dibutuhkan kami sudah memproduksi jadi kami tidak bergantung lagi dengan suplai oksigen dari luar.” katanya.

Lebih lanjut, dengan kapasitas 200 LPM ini juga mampu menampung 9 ruangan diantaranya ruang Tulip, UGD, super VIP, hemodealisa , perinatologi, ICU, ruang operasi, ruang bedah, dan isolasi Covid.

“kami akan tingkatkan lagi kapasitasnya bila nanti sudah pindah ke rumah sakit yang baru hingga 500 LPM dan ruang administrasi terpisah dengan ruang operator.” ungkap Yandi.

Disamping itu Bupati HSU berharap dengan adanya fasilitas instalasi gas medis ini bisa meningkatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Pambalah Batung Amuntai sehingga stok oksigen di RSUD bisa lebih terpenuhi.

“Dalam situasi pandemi Covid-19 ini suplai oksigen jadi sangat dibutuhkan.” tutupnya.
(K.hsu/M.said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here