Barabai Expos55.com Pemerintah Kabupaten Hulu sungai Tengah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab HST menyelenggarakan Lomba Inovasi Masak Serba Ikan Tingkat Kabupaten HST Tahun 2021 yang dihadiri
Bupati HST H Aulia Oktafiandi Diikuti Ketua TP PKK Kab HST Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi bertempat di Pendopo Pemkab Hulu Sungai Tengah, Senin (12/7/2021)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab HST Ir Hj Sunar Wiwarni dalam laporannya Lomba Tahun 2021 bertemakan Ragam Menu Masakan Ikan untuk kesehatan, kecerdasan dan pencegahan stunting pada anak balita, dengan tujuan meningkatkan keterampilan memasak para peserta (angota PKK), memperkenalkan masakan berbahan dasar baku ikan untuk masyarakat luas dan inovasi menu masakan, meningkatkan pemahaman tentang pentingnya gizi ikan melalui dasawisma dan membudayakan makan ikan. Dengan peserta Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten HST, dengan juri Ir. H. Khairuddin, MP dari Balai Penerapan Mutu Hasil Perikanan, Antung Nursidah, S.KM dari Dinas Kesehatan, Heru Putra (chef)

Dalam kesempatan yang sama Ketua TP PKK Kab HST Cheri Bayuni Budjang Aulia Oktafiandi mengatakan dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing serta berkarekter, maka pembangunan dan pembinaan fisik harus dimulai dari keluarga, pemberian nutrisi dan gizi yang baik pada anak harus dimulai usia dini terutama saat dalam kandungan hingga balita.

Melalui lomba ini diharapkan para peserta khususnya ibu agar benar dapat menciptakan inovasi dan kreasi memasak yang unik dan menarik, yang dapat menggugah selera makan dengan cita rasa yang tinggi, terutama bagi anak kita sebagai generasi penerus yang membutuhkan kesehatan, kecerdasan dan kekuatan untuk melanjutkan tunggak pembangunan daerah kita dimasa yang akan datang.

Mengakhiri sambutannya Cheri mengharapkan acara lomba inovasi masak serba ikan tingkat Kab. HST ini dapat dijadikan momentum untuk mengoptimalkan dan meningkatkan pola konsomsi ikan di masyarakat kita menciptakan generasi kita yang lebih sehat, dinamis dan cerdas, serta dapat memanfaatkan untuk meningkatkan kreativitas makanan, serta upaya pengenalan dan mengangkat keanekaragaman masakan yang berbahan baku ikan.

Seiring dengan itu Bupati HST H Aulia Oktafiandi, sebelum menyerahkan tropi kepada juara lomba, mengingatkan manfaat ikan sebagai salah satu bahan untuk meningkatkan gizi dan kesehatan.

“Memasak menu serba ikan sangat penting untuk meningkatkan gizi dan kesehatan keluarga kita. Dalam memasak ikan, hal yang perlu diperhatikan adalah cara memasak agar gizi yang tergandung pada ikan tidak rusak. Misalnya dalam menggoreng atau memanggang tidak terlalu gosong, sajiannya pun kalau bisa menarik, rasa enak, namun tetap mengandung gizi,” pesan Aulia.

Turut hadir Pj Sekda Drs. Muhammad Yani, M.Si, para peserta lomba Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten HST dan undangan lainnya.
(K.hst/m.said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here