Kuala Kurun Expos55.com  Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong melantik 14 kepala desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa Serentak Gelombang III tahun 2021, di Kuala Kurun, Kamis.

“Pada kesempatan yang baik ini saya mengajak kades yang baru saja dilantik untuk tidak hanyut pada euforia kemenangan. Kades yang baru dilantik hendaknya segera melaksanakan tugas,” ucapnya.

Dia menyebut, dalam melaksanakan tugas kades hendaknya menyesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang memuat visi misi, tujuan, strategi, serta kebijakan dan program.

Itu semua, tutur suami dari Mimie Mariatie ini, hendaknya  dilaksanakan secara partisipatif melibatkan lembaga kemasyarakatan, dengan disusun secara sistematis, terarah, terpadu, menyeluruh dan tanggap terhadap perubahan.

Dari RPJMDes tadi pemerintah desa menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) untuk jangka waktu  satu tahun, yang memuat kerangka program, prioritas pembangunan desa, rencana kegiatan dan pembiayaan.

“Sebagai pelaksanaan dari RKPDes adalah dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sebagai rencana pengelolaan keuangan desa,” papar orang nomor satu di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ ini.

Ayah dari Zefanya Naila dan Ester Gloria ini menjelaskan, APBD harus disusun setiap tahun, yang dibahas dan disetujui bersama oleh pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Selain itu, sambung dia, APBDes harus dikelola dengan berdasarkan pada asas transparan, akuntabel, serta partisipatif, di mana semua itu dilaksanakan dengan tertib dan disiplin anggaran.

Adapun 14 orang yang dilantik adalah Analisa Rita Winanta sebagai Desa Bereng Baru, Dargo Kades Bereng Malaka, Jhon Beny Menteng Kades Luwuk Kantor, Ipno Kades Tumbang Baringei, Melin A Bohoi Kades Tumbang Bunut, dan Iseskar Kades Tumbang Malahoi, semua di Kecamatan Rungan.

Lalu Rama sebagai Kades Tumbang Bahanei dan Apri Kades Tumbang Langgah, semua di Kecamatan Rungan Barat. Kemudian Muliadi sebagai Kades Hantapang, Gasie Kades Jangkit, Set Kades Sangal, dan Kristian Kades Tumbang Mujai, semua di Kecamatan Rungan Hulu.

Selanjutnya Galodie sebagai Kades Batu Nyiwuh di Kecamatan Tewah, serta Tanti Kades Teluk Kanduri di Kecamatan Kahayan Hulu Utara.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here