Muara Teweh Expos56.com  Bupati Barito Utara Nadalsyah mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kalimantan Tengah 2021-2026  secara virtual di aula rumah jabatan bupati setempat di Muara Teweh, Kamis.

Dalam kegiatan itu Bupati Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Asisten II Rakhmat Muratni, Kepala Dinas PUPR  setempat M Iman Topik.

Musrenbang dibuka Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo diikuti juga oleh para Bupati dan Wakil Bupati  di provinsi setempat beserta jajarannya.

Dalam paparannya Wagub Kalteng Edy Pratowo menyampaikan rancangan RPJMD Kalteng 2021-2026, dimana dijelaskan juga visi Kalteng makin Berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis), misi, tujuan dan sasarannya.

Selain itu juga dipaparkan strategi, arah Kebijakan dan program pembangunan daerah serta proyeksi APBD Provinsi Kalteng lima tahun kedepan.

Direktur Jendral Bina Pembangunan Daerah Kemendagri Dr. Hari Nur Cahya Murni memaparkan tujuan dan pembangunan daerah, empat arahan Presiden terkait RPJMN 2020-2025, penyelarasan pembangunan nasional dengan perencanaan pembangunan daerah, pelaksanaan Musrenbang RPJMD, indikator kinerja utama, program kerja Pemerintah Daerah terkait penurunan prevalensi stunting, standar pelayanan minimal, 3 strategi besar ekonomi dan bisnis, perkembangan kasus COVID-19 di Kalteng, identifikasi titik rawan korupsi, dan area intervensi.

Dalam hal-hal terkait penyusunan RPJMD, Dirjen Bina Bangda menekankan bahwa Pemprov Kalteng perlu merumuskan substansi RPJMD dengan percepatantransformasi struktural, memperhatikan berbagai regulasi terbaru, integrasi antisipasi kebutuhan program dan kerangka pendanaan yang inovatif, menyusun substansi perencanaan dengan mempertimbangkan penanganan dampak pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi di Provinsi Kalteng.

“Hasil pengendalian dan evaluasi dalam dua tahun terakhir, harus menjadi salah satu acuan dalam menyusun kebijakan perencanaan pembangunan dalam RPJMD,” kata Dirjen Bina Bangda.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here