Tamiang Layang Expos55.com  Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengapresiasi atas terlaksananya penandatangan nota kesepahaman terkait program e-Besuk dan Siap Paduka dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Program e-Besuk dan Siap Paduka merupakan komitmen bersama meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Barito Timur,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Kamis.

Aplikasi e-Besuk merupakan layanan besuk tahanan berbasis aplikasi secara online. Pemberlakuan e-Besuk disepakati bersama antara PN Tamiang Layang dengan Pemkab Barito Timur dan Rumah Tahanan Negara Kelas II B Tamiang Layang.

Program Siap Paduka merupakan aplikasi secara online dengan Sistem Integrasi Pengadilan dan Data Kependudukan. Pemberlakuan Siap Paduka disepakati bersama Pengadilan Negeri Tamiang Layang dengan Pemkab Barito Timur dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

Penandatanganan kesepakatan bersama merupakan perwujudan kebulatan tekad dan komitmen bersama untuk lebih memberikan kemudahan akses keadilan bagi masyarakat. Selain itu, kata dia, mewujudkan sinergitas antara Pemkab Barito Timur dan PN Tamiang Layang serta Rutan Tamiang Layang dalam pemberlakuan dan pengelolaan aplikasi guna peningkatan pelayanan bagi masyarakat Kabupaten Barito Timur.

“Dua aplikasi ini menjadi salah satu karya kreatif dan inovatif sebagai wujud komitmen bersama yang memiliki tujuan untuk memberikan berita terbaru seputar layanan pengadilan dan memberi kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses layanannya kapan saja dan dimana saja,” kata Ampera.

Ampera menambahkan, penerapan reformasi birokrasi ini merupakan salah satu langkah pemerintah dalam mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik dan bersih, serta tanggap dalam merespon aspirasi masyarakat yang ada.

“Sehingga pembangunan dan pelayanan publik nantinya dapat berjalan dengan baik dan juga optimal,” ujarnya.

Selain itu, kata Ampera, aplikasi ini juga diharapkan dapat memudahkan keluarga tahanan, sehingga pelayanan terhadap publik dapat terjaga dengan baik dalam menyiasati pandemi COVID-19 yang dimana harus mematuhi protokol kesehatan.

Ampera juga mengatakan, pihak yang berkepentingan juga diharapkan dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan sebaik-baiknya untuk kemudahan memperoleh akses pelayanan dan informasi sehingga lebih efektif dan efisien dalam pelaksanaannya.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here