Tamiang Layang Expos55.com Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menyatakan bahwa terjadinya peningkatan kasus COVID-19 di wilayah setempat akibat semakin tingginya intensitas masyarakat melakukan perjalanan ke luar daerah.

“Tercatat jumlah kasus COVID-19 sebanyak 2.101 per Senin (14/2), dan Minggu (20/2) menjadi 2.139 kasus atau meningkat 38 kasus selama sepekan terakhir,” beber Ampera di Palangka Raya, Senin.

Dikatakan, dari hasil mempelajari penyebaran masalah kesehatan pada sekelompok manusia serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, diduga peningkatan COVID-19 akibat melakukan perjalanan keluar daerah, khususnya daerah di Kalsel.

“Saya sangat mengharapkan sekaligus menghimbau masyarakat sadar bahwa protokol kesehatan itu penting dan tidak melakukan perjalanan keluar daerah tanpa protokol kesehatan yang ketat,” kata Ampera.

Informasi COVID-19 di Kabupaten Barito Timur tercatat kasus konfirmasi 2.139 kasus dengan rincian dalam perawatan 29 orang, sembuh 2.063 orang, meninggal dunia 47 orang dan probable dan suspek nihil.

Dari 29 orang perawatan terdapat 10 orang dalam perawatan di RSUD Tamiang Layang dan 19 orang mengikuti isolasi mandiri. Pasien COVID-19 tersebut berasal dari Kecamatan Benua Lima 12 orang, sembilan orang dari Kecamatan Dusun Timur, tiga orang dari Kecamatan Pematang Karau, dua orang dari Kecamatan Patangkep Tutui, dam masing-masing satu orang dari Kecamatan Karusen Janang, Kecamatan dan Kecamatan Paku.

Kepala Dinas Kesehatan Barito Timur, dr Jimmy WS Hutagalung mengatakan, pihaknya sudah siap menghadapi gelombang ketiga COVID-19 dengan berbagai antisipasi yang dilaksanakan.

“Kita terus berupaya melindungi masyarakat dari COVID-19 dengan melakukan percepatan vaksinasi COVID-19, mulai dari percepatan vaksinasi anak hingga pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau booster,” kata Jimmi.

Polres Barito Timur bersama Kodim 1012 Buntok ikut berpartisipasi dalam berupaya percepatan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten setempat.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here