Tamiang Layang Expos55.com Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas mengharapkan kontingen daerah setempat yang mengikuti Festival Budaya Isen Mulang tahun 2022 di Palangka Raya, Kalimantan Tengah bisa meraih prestasi.

“Peserta FBIM kita saya harapkan bisa serius dan bersungguh-sungguh disertai motivasi tinggi dalam mengikuti kegiatan bergengsi di Kalteng ini,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, panitia juga perlu memberikan dukungan dan bekerja ekstra serta menjaga kekompakan peserta dalam bertanding.

“Pimpinan kontingen kiranya dapat melaksanakan tugas yang telah diberikan dengan penuh rasa tanggung jawab,” harapnya.

Dijelaskan Ampera, FBIM merupakan festival tahunan yang diselenggarakan Pemprov Kalteng dalam rangka memperingati Hari Jadi Provinsi Kalteng.

Kegiatan ini sudah rutin dan menjadi agenda kegiatan tahunan secara Nasional yang terdaftar di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang promosi dalam memperkenalkan keragaman dan kekayaan budaya serta potensi wisata dan kekayaan alam.

FBIM diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara ke Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kabupaten Barito Timur.

Pimpinan Kontingen Barito Timur sekaligus Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Barito Timur, Forty Rickyannau menyampaikan jumlah kontingen Barito Timur yang berangkat ke Palangka Raya sebanyak 90 orang terdiri dari 33 orang panitia pendukung kontingen dan 57 orang peserta.

Kontingen Barito Timur mengikuti sembilan lomba pada FBIM tahun 2022 yakni lomba tarian daerah, lomba lagu pop daerah, lomba manyipet, lomba balogo, lomba habayang atau bagasing, lomba besei kambe, lomba mangaruhi atau bagagap, lomba mangenta dan lomba sepak sawut.

Sebelum berangkat, kontingen lagu pop daerah tampil mengeluarkan suara emasnya untuk dinikmati bersama serta meyakinkan diri bahwa siap mendulang prestasi di FBIM 2022 di Palangka Raya.

Pemberangkatan kontingen ditandai dengan penyerahan Pataka Kabupaten Barito Timur dari Bupati kepada Pimpinan Kontingen Forty Rickyannau yang disaksikan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Asisten III Setda Barito Timur, sejumlah kepala OPD serta kontingen Barito Timur.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here