Buntok Expos55.com Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri kembali melantik 44 pejabat eselon III, IV dan pejabat fungsional tersebut berlangsung di aula Sekretariat Daerah (Setda) Barito Selatan, di Buntok, Senin sore.

“Kepercayaan atau amanah yang diberikan itu harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Amanah jabatan yang diemban itu merupakan kepercayaan yang diberikan pimpinan,” kata Eddy Raya.

Dia meminta dalam menjalankan jabatan yang diamanahkan itu perlu dibarengi dengan rasa syukur, kejujuran, keikhlasan, serta prestasi dan inovasi kerja.

“Kepada pejabat yang telah diberikan amanah tanggungjawab dan kepercayaan ini harus memberikan kontribusi yang positif dalam menjalankan tugasnya, terutama terhadap peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” pintanya.

Selain itu ia juga berpesan kepada pejabat yang dilantik agar sesegera mungkin melakukan adaptasi terhadap tugasnya yang baru. Setiap pegawai menjalin komunikasi dan bekerjasama dengan baik, serta mempelajari tugas pokok dan fungsi yang baru supaya tugas yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik, sehingga tercipta situasi yang kondusif di lingkungan kerja.

“Karena situasi kondusif akan memberikan suasana positif yang akan mendorong semangat kita dalam bekerja,” tambah dia.

Sementara Pelaksana Tugas Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Barito Selatan, Eko Hermansyah mengatakan, pelantikan yang dilaksanakan kali ini merupakan bagian penting seiring dengan akan dilaksanakannya penyetaraan jabatan.

Menurut dia, hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 17/2021 tanggal 21 April 2021 tentang Penyetaraan jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional.

“Penyetaraan jabatan ini paling lambat dilaksanakan paling pada bulan Desember 2021,” terang Eko Hermansyah.

Dikatakannya, dengan adanya penyetaraan ini, beberapa jabatan struktural seperti pengawas akan hilang dan nantinya akan disetarakan ke dalam jabatan fungsional keahlian atau ahli muda.

Untuk itu, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah menduduki jabatan pengawas dan masuk dalam penyetaraan jabatan supaya mulai mempersiapkan diri, terutama mental.

Dia berharap jangan sampai ada pejabat pengawas yang nanti disetarakan jabatannya seolah bersikap seperti “fungsional rasa struktural”.

“Semoga ASN yang telah diberikan amanah jabatan kiranya dapat lebih meningkatkan kinerjanya, mendorong bawahan untuk dapat lebih produktif dan inovatif, sehingga kinerja organisasi akan lebih meningkat,” kata dia.

Sementara itu, pejabat yang dilantik bupati tersebut terdiri dari 2 orang pejabat administrator eselon III/a, 15 orang pejabat administrator eselon III/b, 17 pejabat pengawas eselon IV/a, 3 orang pejabat pengawas pejabat eselon IV/b dan 7 pejabat fungsional.

Dua orang pejabat administrator eselon III/a yang dilantik itu yakni Ike Christina Dewi sebagai Sekretaris Dinas Kesehatan dan Adenan sebagai Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Untuk 15 orang pejabat administrator eselon III/b yang dilantik itu Herry Fernando Kepala Bidang Industri Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah. Masa Gomeri sebagai Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM.

Fadliansyah sebagai Kepala Bidang Politik dan Kemasyarakatan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Aida Herawani dilantik menjadi Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan. Edi Darmadi sebagai Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Sunawati dilantik sebagai Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Indra Morla dilantik sebagai Kepala Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lisa Florence sebagai Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan. Erma Susanti dilantik menjadi Kepala Bidang Akuntasi dan Pelaporan pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset.

Makhfudin dilantik menjadi Kepala Bidang Penagihan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset, Hadrianus sebagai sebagai Kepala Bidang Kewaspadaan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Suryaji sebagai Kepala Bidang Perkebunan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan.

Alfian dilantik sebagai Sekretaris Camat Dusun Selatan, Eddy Hariadi sebagai Sekretaris Camat Jenamas, dan Carmila sebagai Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak.

Sedangkan 17 pejabat eselon IV/a yang dilantik yakni Jurmandi sebagai Kepala Seksi Pengaduan dan Informasi Layanan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu. Carli Udiano Putra sebagai Kepala Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Manover sebagai Kepala Sub Bagian Umum Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Aridieni menjadi Kepala Seksi Pengembangan Kelembagaan Sarana dan Prasarana Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan. Mariady sebagai Kepala Sub Bagian Dokumentasi Pimpinan Sekretariat Daerah.

Aris Oktavia sebagai Kepala Sub Bagian Umum Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ranaiyati sebagai Kepala Sub Bagian Penyusunan Program Sekretariat Daerah. Sri Susiaty Kepala Seksi Konsumsi dan Kerawanan Pangan
Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, Perikanan.

Abdul Hamid sebagai Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Bidang Pembinaan Pendidikan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan. Jaya Herwanto B. Tayun sebagai Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karekter Bidang Pembinaan Sekolah Pertama Dinas Pendidikan. Grisno sebagai Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarana Prasarana Bidang Pembinaan Sekolah Pertama Dinas Pendidikan.

Ari Hartati dilantik sebagai
Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan, Yudith Dwi Angela sebagai Kepala Seksi Pencegahan Penyakit tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan. Esni Yulita sebagai Kepala Seksi Penempatan Tenaga kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Uria Telo Amiano dilantik menjadi
Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Dusun Hilir, Supiannor sebagai Kepala Sub Bagian Administrasi Tata Usaha Pimpinan, staf Ahli dan Kepegawaian Sekretariat Daerah dan Sidik Khaironi dilantik sebagai Kepala Sub Bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Untuk pejabat eselon IV/b yang dilantik yakni Kristian sebagai Kepala Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban Umum Kelurahan Pendang Kecamatan Dusun Utara, Yeyen Parlina sebagai Kepala Sub Perencanaan dan Keuangan Kecamatan Dusun Selatan dan Anditu sebagai Kepala Sub Bagian TU UPTD Balai Benih Padi dan Palawija Penda Asam Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan.

Sementara pejabat fungsional tertentu yang dilantik yakni Bambang Purwadi dan Arjani, Arthomi, Haderiani, sebagai Analis SDM Aparatur Madya BKPSDM pada Sekretariat Daerah (Setda).

Kemudian, Dadang Sumarna, Rusdiansyah, dan Hasan Thamrin dilantik sebagai Analis SDM Aparatur Madya Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here