Buntok Expos55.com  Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Eddy Raya Samsuri mengatakan fokus pembangunan kabupaten setempat pada 2023 mendatang adalah mendukung pelaksanaan program pemulihan ekonomi.

“Hal itu sesuai tema pembangunan Barito Selatan pada 2023,” katanya saat membuka musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tingkat kabupaten di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, pemulihan ekonomi tersebut dalam berbagai aspek baik yang menyangkut infrastruktur, pendidikan, kesehatan, keamanan dan ketertiban umum, sosial, perumahan, permukiman, ketahanan pangan, pertanian, perikanan serta lainnya.

Dalam kaitannya dengan kejadian luar biasa pandemi COVID-19, maka tema pembangunan 2023, juga
memberikan makna fokus untuk menjamin percepatan proses penuntasan vaksinasi dan pengelolaan dampak pasca proses.

Berkenaan hal tersebut, ia meminta seluruh perangkat daerah yang dikoordinir Bappeda, dapat menyesuaikan semua program dan kegiatan sesuai tema pembangunan.

“Dalam menyusun program pembangunan juga harus memerhatikan arah pembangunan nasional maupun provinsi, termasuk disinergikan dengan usulan atau pokok-pokok pikiran DPRD,” jelas Eddy.

Ia juga mengharapkan seluruh perangkat daerah mengalokasikan belanja daerah khususnya belanja modal, termasuk belanja bantuan hibah dengan cermat dan tepat sasaran.

“Itu semua dalam upaya mewujudkan keinginan masyarakat saat musrenbang tingkat kecamatan yang menginginkan pemerataan dan keadilan pembangunan,” ucapnya.

Meski demikian lanjut dia, perangkat daerah harus menyesuaikan program prioritas dan kemampuan keuangan daerah.

Perangkat daerah diminta dapat memilih dan memilah usulan-usulan mana saja yang harus dilaksanakan dan yang bisa ditunda sementara waktu karena sifatnya belum mendesak, sesuai kepentingan masyarakat saat ini.

Musrenbang yang berlangsung di aula Kantor Bappeda Barito Selatan ini dihadiri Sekda Edy Purwanto dan sejumlah kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) serta tokoh masyarakat.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here