Palangka Raya Expos55.com  Adanya kesalahpahaman antara anggota Polri dan TNI yang terjadi pada Minggu (5/12/2021) dini hari, kini berakhir damai.

Danrem 102/Pjg, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, melalui Kapenrem, Mayor Mahsun Abadi mengatakan, kejadian tersebut merupakan kesalahpahaman yang terjadi di lapangan.

Bahkan saat ini, sejumlah anggota TNI yang terlibat cekcok dengan anggota Polda Kalteng, telah berdamai.

“Kita yakini bersama bahwa kejadian yang terjadi kemarin itu merupakan murni kesalahpahaman, sehingga hal itu merupakan hal yang prihatin bagi kita bersama dan menjadi pelajaran yang sangat berharga,” katanya, pada saat menggelar press release di Mako Korem 102/Pjg, Selasa (7/12/2021).

Akan tetapi, pihaknya tetap menerapkan proses hukum kepada tiga oknum anggota TNI yang terlibat cekcok. Hal tersebut merupakan komitmen pihaknya dalam menindaklanjuti anggotanya yang melanggar aturan.

“Namun sesuai dengan harapan pimpinan, bahwa siapapun yang terlibat dalam kesalahpahaman tersebut, akan ditindak sesuai dengan UU dan hukum yang berlaku. Karena hal tersebut merupakan salah satu dari tujuh pelanggaran berat yang tidak boleh dilanggar oleh anggota TNI,” ucapnya.

Di sisi lain, Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto, melalui Kabidhumas, Kombes Pol K. Eko Saputro mengatakan, jika pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada Korem 102/Pjg.

Pasalnya, pihaknya ingin sinergitas TNI-POLRI yang telah terbangun secara baik selama ini, dapat terus terjaga dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif.

“Kami dari Polda Kalteng menyerahkan seluruhnya serta mendukung langkah-langkah dari Korem. Pertikaian tersebut sudah dimediasi dan sudah diselesaikan dan untuk pihak-pihak yang melakukan pertikaian tersebut akan diproses berdasarkan hukum yang berlaku dan yang terpenting untuk sinergitas TNI-POLRI yang ada di Kalteng adalah harga mati dan selalu kita dukung, jangan sampai tercerai berai oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” tegasnya.
(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here