Banjarmasin Expos55.com Kementerian Agama tumbuh dan berkembang menjadi salah satui nstansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran, ramah bagi semua.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Noor Fahmi pada saat memberikan arahan dan membuka secara langsung Rapat Kerja Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah di Banjarmasin.Minggu (20/3/2022).

“Peran moderasi beragama di seluruh layanan Kementerian Agama khususnya Kalimantan Tengah, hendaknya selalu moderat dan lebih mengedapankan toleransi demi kerukunan umat beragama disetiap program-program yang telah ditetapkan dalam Rencana Strategis Kemenag Prov.Kalteng” ucapnya.

Terkait percepatan transformasi layanan umat, Kakanwil berharap Aparatur Sipil Negara dapat memahami pentingnya kebutuhan, harapan, dan tuntutan masyarakat. Tata kelola organisasi yang terlalu kompleks hanya akan menghambat langkah kita sebagai pelayan umat.

“Penyederhanaan organisasi berada dalam konteks kebutuhan negara untuk menetapkan seluruh proses penting yang benar-benar dibutuhkan atau diwajibkan, dalaupaya melayani masyarakat sesegera mungkin atau minimal dengan waktu yang terukur” ujar kakanwil.

Dikatakan Kakanwil,dalam pelaksanaan program kegiatan dan anggaran dalam melakukan percepatan serapan, agar mengacu kepada 7 Program Prioritas Kementerian yaituPenguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Tahun Toleransi Beragama, Revitalisasi KUA, Religiosity Index, Kemandirian Pesantren, dan Cyber Islamic University.

” Saya  berharap seluruh satuan kerja termasuk madrasah dan KUA wajib untuk mensukseskan 7 program prioritas Kemenag ini”  harap Kakanwil.

Diakhir sambutannya kakanwil berpesan  melalui Rapat Kerja Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 ini, dapat dirumuskan strategi apa yang akan dilakukan supaya harapan dan cita-cita tercapainya target yang telah ditetapkan, dapat telaksana dengan baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan akhirnya seluruh layanan umat dari Kementerian Agama dapat dirasakan secara optimal oleh umat masyarakat beragama kita, khususnya Kalimantan Tengah.

Rapat Kerja Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 ini dilaksanakan dari tanggal 20 s.d 23 Maret 2022 diikuti Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang/Pembimas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab/Kota dan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Se Kalimantan Tengah dengan mengambil tema Transformasi Layanan Umat Melalui Penguatan Moderasi Beragama.
(Mul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here