Palangka Raya Expos55.com  BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palangka Raya, menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) sebesar Rp42 juta bagi pegawai non ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kota Palangka Raya.

“Santunan diberikan kepada Naomi Srianegara, yang merupakan ahli waris dari almarhum Gideon Orient Badjau Iyonh, selaku Pegawai non ASN tenaga penyuluh agama Kristen,” kata Kakanwil Kemenag Kalteng Noor Fahmi di Palangka Raya, Rabu.

Penyerahan santunan itu dilakukan secara simbolis oleh Kakanwil Kemenag Kalteng, didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Palangka Raya Budi Wahyudi di Kantor Kemenag Kalteng.

Noor Fahmi menginstruksikan, secara bertahap seluruh tenaga kerja PPNPN di setiap sekolah di bawah koordinasi Kemenag Kateng, termasuk penyuluh agama di daftarkan menjadi peserta BPJAMSOSTEK.

Menurutnya, kerjasama ini dilakukan agar tenaga kerja di sektor PPNPN, guru madrasah honorer di tingkat MI, Mts,dan MA dan penyuluh PAI dan PAK non PNS, mendapatkan perlindungan jaminan kecelakaan kerja (JKK) dan JKM.

“Hal itu sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden dan Surat Edaran Menteri Agama, agar seluruh tenaga kerja di bawah naungan Kemenag yang ada di daerah menjadi peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Budi Wahyudi menjelaskan, penyerahan santunan tersebut merupakan bukti nyata dari manfaat program BPJAMSOSTEK yang dapat diperoleh ahli waris.

Almarhum Gideon Orient adalah peserta BPJS Ketenagakerjaan yang baru terdaftar pada Desember 2021 program JKK JKM.

“Salah satu misi BPJAMSOSTEK, yakni melindungi dan menyejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya. Dengan adanya santunan tersebut, diharapkan meringankan risiko sosial. Khususnya bagi keberlangsungan kehidupan ekonomi ahli waris,” kata Budi.

Pihaknya pun berharap, sinergitas BPJS Ketenagakerjaan dan Kemenag Provinsi Kalteng terus berjalan, sehingga bisa melindungi seluruh luang lingkup pekerja di bawah naungan Kemenag Kalteng.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here