expos55.com, Palangka Raya – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya melaksanakan monitoring dan evaluasi (Monev) terkait banjir tahunan di jalan Pelatuk 7 dan Jalan Mendawai Kota Palangka Raya, Selasa (31/8/2021).

Kegiatan ini merupakan bentuk antisipasi dalam pencegahan banjir tahunan kepada daerah yang rawan akan banjir ketika musim penghujan tiba.

Adapun hasil tim dalam melakukan monev menemukan adanya kenaikan debit air di jalan pelatuk 7 sekitar 50 Cm dan di Jalan mendawai kurang lebih 1 M di bawah badan jalan.

Sekretaris BPBD Kota Palangka Raya, Anna Menur Arum Ambarsari mengatakan kegiatan ini diperlukan mengingat daerah yang akan dilaksanakan monev merupakan daerah yang rawan akan banjir tahunan sehingga perlu dilakukan pencegahan sejak dini sehingga potensi banjir akan diminimalisir.

Curah hujan yang cukup tinggi di Kota Palangka Raya akhir pekan ini merupakan salah satu perhatian yang perlu diwaspadai bagi daerah rawan yang akan banjir siklus tahunan dan kedepan berdasarkan laporan yang didapati petugas akan disampaikan kepada unsur pimpinan untuk dapat ditindaklanjuti.

Disamping itu pula petugas pemantau banjir dilapangan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sekitar tentang potensi banjir untuk selalu waspada dan di imbau agar menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan untuk mencegah tersumbatnya aliran air.

“Tidak lupa kami imbau kepada masyarakat sekitar agar selalu waspada, mengingat curah hujan yang tinggi membuat potensi banjir akan selalu ada dan perlu di ingat juga bahwa untuk tetap menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan agar tidak menyumbat aliran pembuangan air khusunya drainase sehingga dapat meminimalisir potensi banjir .” Tutup Anna.

 

(MC Isen Mulang/BPBD/Gusti/wln)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here