Banjarmasin Expos55.com Beragam cara untuk menumbuhkembangkan atau pemberdayaan ekonomi kerakyatan kendati masih keadaan pandemi COVID-19 dan mesti harus mulai dengan modal besar.

Sebagaimana halnya kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) H Imam Kanapi mengadakan pelatihan pemberdayaan jamur tiram bagi warga masyarakat di Banjarbaru (35 kilometer timur laut Banjarmasin), Ahad (14/3).

Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) itu menerangkan, pembudidaya jamur tiram juga salah satu upaya pembinaan ketahanan pangan keluarga yang harus menjadi perhatian pula.

“Karena ketahanan pangan keluarga satu mata rantai dengan ekonomi kerakyatan,” lanjut wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VII/Kota Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut (Tala) tersebut.

Pelatihan pemberdayaan jamur tiram tersebut, selain oleh dirinya sendiri, juga melibatkan tenaga ahli yaitu Herliani Rasuna SP.

Ia berharap, ke depan pemberdayaan jamur tiram oleh warga “kota idaman” Banjarbaru mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah untuk pembinaan selanjutnya.

Sebagai contoh berupa bantuan modal dan akses penjualan atau pangsa pasar, ujar laki-laki kelahiran Blitar, Jawa Timur (Jatim) tersebut.

Selain mengadakan pelatihan, laki-laki kelahiran Tahun 1973 berbintang Aries itu menyatakan, pikahnya bersama Bidang Pembinaan Ketahanan Keluarga (BPKK) Banjarbaru akan memberikan pendampingan sampai bisa produksi.

“Nah, kalau produksinya banyak selanjutnya kita kasih latihan pemberdayaan pengelolaan jamur tiram seperti pembuatan keripik jamur, naget atau sate jamur dan botok jamur,” demikian Imam Kanapi.

(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here