Expos55.com Palangka Raya – Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Palangka Raya, Mesliani Tara mengatakan, di tengah kondisi pandemi covid -19 saat ini pihaknya menyediakan inovasi layanan pengajuan kartu Ak 1 (kartu kuning), atau kartu tanda pencari kerja yang dilakukan secara online.

“Inovasi ini sebagai upaya pengoptimalan layanan publik sebagaimana harapan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin, agar mempermudah layanan kepada masyarakat,” katanya, Selasa (23/3/2021).

Secara rinci Masliani menjelaskan langkah- langkah pembuatan kartu Ak 1 tersebut diantaranya pencari kerja (pencaker) harus melakukan pertemanan dengan akun sosial media Ipkdisnaker. Selanjutnya kunjungi web https://karirhub.kemnaker.go.id
pada halaman beranda klik garis tiga mendatar di pojok kanan atas. Lalu pilih daftar dan isi data pembuat akun Disnaker..

Kemudian tahapan selanjutnya tunggu kode OTP yang akan di kirimkan ke nomor telepon genggam yang di daftarkan. Lalu log in ulang dengan menggunakan kode OTP, lengkapi profil data pemohon Ak 1 hingga semua tahapan selesai. Setelahnya. hubungi admin via  whats app (0821 -5993 – 0097) dengan mengirimkan screen shot akun profile.

Tahapan selanjutnya mengisi link survey bit.ly/2OelQCx dan mengirimkan bukti screen shot bukti pengisian dengan bukti pertemanan sosial media Ipkdisnaker, kemudian file Ak 1 akan dikirimkan dengan format pdf, dan terakhir pemohon bisa mencetak sendiri kartu Ak 1 yang sudah disahkan.

“ Iya, kartu Ak 1 ini tidak perlu dilegalisir lagi karena di dalam kartu tersebut sudah dilengkapi dengan barcode yang bisa di scan menggunakan aplikasi,” demikian Mesliani. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here