Muara Teweh Expos55.com  Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menurunkan 25 orang petugas lapangan dan tim pengawasan  pada tiga objek wisata  terkait penutupan tempat wisata  pada liburan Lebaran 2021 di daerah setempat sebagai langka antisipasi penyebaran virus COVID-19.

“Mereka ini melaksanakan penjagaan (pemortalan) disetiap pintu masuk/gerbang masuk objek wisata. Penutupan untuk sementara ini dilaksanakan sejak tanggal 13  sampai 16 Mei 2021,” kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Utara Hj Annisa Cahyawati di Muara Teweh, Jumat

Menurut dia, 25 orang petugas lapangan  itu  bertugas  di Dam Trinsing dan Bumi Perkemahan Panglima Batur masing-masing di jaga sembilan petugas lapangan dan pengawas objek wisata, Air Terjun Jantur Doyam dijaga sebanyak tujuh orang petugas lapangan dan pengawas objek wisata.

Dirinya juga meminta kepada warga masyarakat di daerah ini agar bisa mematuhi anjuran dari pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Mari kita patuhi gerakan 5 M protokol kesehatan (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta membatasi mobilisasi dan interaksi,” katanya.

Penutupan sementara tempat wisata ini sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam mencegah penyebaran dan penanganan COVID-19 di daerah ini.

Ditutupnya tempat wisata itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Barito Utara Nomor : 6601/372/PDW/2021 tentang penutupan sementara tempat wisata di wilayah Barito Utara

Tempat wisata yang ditutup sementara tersebut diantaranya tiga objek wisata unggulan Dam Trinsing dan kawasan Bumi Perkemahan “Panglima Batur” masing-masing di Kecamatan Teweh Selatan serta Air Terjun Jantur Doyam di Kecamatan Lahei Barat di Jalan Negara Kilometer 18 Muara Teweh – Puruk Cahu serta kawasan wisata lainnya.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here