expos55.com, Paringin – Wakil Bupati Balangan Bersama DP3A ikuti Video Conference dalam rangka pelaksanaan evaluasi pembangunan sekaligus penghargaan untuk Kabupaten/Kota Layak Anak tahun 2021. Bertempat di Aula Benteng Tundakan, Kamis (29/7/2021).

Untuk mengukur pencapaian kinerja pelaksanaan 24 indikator yang telah ditetapkan yang pada akhirnya bermuara kepada penghargaan kabupaten/kota layak anak ada lima kategori penghargaan KLA yang diberikan, di antaranya Pratama, Muda, Madya, Nindya dan Utama.

Kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (DP3A), I Gusti Ayu Bintang Darmawati dalam sambutannya menyampaikan meskipun sempat tertunda pada tahun 2020 lalu akibat pandemi Covid-19, pada tahun 2021 Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kembali menyelenggarakan evaluasi pelaksanaan Kabupaten/Kota KLA.

“Menjadi kebanggaan kita bersama bahwa pada tahun 2021 perolehan total penghargaan KLA mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019 dari 249 menjadi 275 Kabupaten kota tentunya perolehan ini merupakan hasil dari menguatnya peran seluruh pihak”,ucapnya.

Sementara itu, Gusti Ayu mengucapkan selamat kepada daerah yang menerima penghargaan di tahun 2021 atas segala upaya dan kerjasama yang telah diberikan. Lanjutnya, Gusti Ayu berharap untuk daerah yang telah mendapatkan prestasi, agar dapat menjadi inspirasi dan membagikan praktik-praktik baiknya bagi daerah lain sehingga dapat bergerak bersama menuju Indonesia maju.

Ditemui usai kegiatan, Kepala DP3A Kabupaten Balangan, Noor Aspariah mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak kepada seluruh Kabupaten/kota yang memberikan apresiasi terhadap perlindungan dan hak anak.

“Jadi penghargaan yang di terima Kabupaten Balangan bersama 10 Kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan itu masuk di Kabupaten layak anak tingkat kategori pratama, kalau untuk Kabupaten Balangan yang pertama pada tahun 2019 masuk di kategori Pratama dan yang ke dua di tahun 2021 ini tetap dengan di posisi kategori Pratama,” tandasnya.

Noor Aspariah menambahkan meski masuk dalam kategori yang sama seperti pada tahun sebelumnya, setidaknya Kabupaten Balangan di masa pandemi sekarang masih bisa mempertahankan penghargaan tersebut.

“Dan ini semua tentu saja karena kerjasama semua pihak terutama dalam hal ini adalah dukungan pemerintah daerah kemudian tim gugus tugas dan SKPD terkait,” sambungnya.

Adapun untuk Kabupaten/Kota yang menerima Penghargaan KLA tingkat Pratama untuk Provinsi Kalimantan Selatan yaitu Kabupaten Hulu sungai Tengah, Tanah Laut, Balangan, Banjar, dan Barito Koala.

 

Sumber : Mc Balangan/Sinta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here