Kalsel Expos55.combPemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mendapat kunjungan dari rombongan Lemhannas RI dalam rangka studi lapangan isu strategis Nasional (SLISN) PPRA LXII Tahun 2021 di Aula H. Maksid, Banjarbaru.

Kegiatan tersebut langsung disambut oleh Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, Kepala SKPD terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kehutanan, Dinas ESDM, Dinas Pariwisata dan lainya.

Ketua Rombongan Lemhannas RI, Irjen Pol Sumardi mengatakan tujuan kegiatan ini dalam rangka studi strategis terkait isu-isu nasional salah satunya PT Adaro merupakan PT yang besar.

“Jadi lingkupnya itu Nasional bahkan Internasional, oleh karena itu kami dari Lemhannas melakukan kajian sejauh mana PT Adaro itu betul-betul menerapkan teknik pertambangan yang terbaik sekaligus tata kelola pertambangan yang baik,” kata Sumardi, Senin (21/6/2021).

Menurutnya, tata kelola pertambangan yang baik antaranya meliputi bagaimana pemberdayaan tenaga kerja, pemberdayaan masyarakat sekaligus bagaimana pengelolaan lingkungan sehingga lingkungan terjaga dengan baik serta membawa manfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat yang ada di Kalsel.

Ia berharap tambang-tambang yang ada di Kalsel khususnya PT Adaro ini memberikan kontribusi yang baik. Baik untuk negara maupun untuk masyarakat di Kalsel.

Sementara itu, Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA menyambut baik kedatangan rombongan Lemhannas RI dalam rangka studi lapangan ke PT Adaro Kalsel. “Kami menyambut baik dengan kedatangan Lemhannas ke Kalsel untuk melakukan kajian terkait pertambangan,” kata Safrizal.

Menurut Safrizal, PT Adaro merupakan satu perusahaan yang telah mendapat apresiasi dai Pemerintah Kalsel dalam menjaga lingkungan. Bahkan mendapatkan predikat warna emas peringkat PROPERNAS 2019 – 2020.

“Ini langkah tepat bagi Lemhannas RI dalam melalukan studi lapangan kesana, sejauh mana penerapan dan pembangunan lingkungan industri termasuk pemberdayaan ekonomi masyarakat secara baik,” ucapnya.

Untuk diketahui kegiatan studi lapangan mengenai isu strategis Nasional (SLISN) PPRA LXII Tahun 2021 ke PT Adaro berlangsung dari tanggal 21-25 Juni 2020.

(MC Kalsel/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here