Palangka Raya, expos55.com Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya telah menerbitkan Peraturan Wali Kota Nomor 18/2021 tentang Pemberian Pengurangan Pajak Bumi dan Bangunan dan Bangunan Sektor Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2). Dimana stimulus yang diberikan yakni pengurangan nilai ketetapan pembayaran PBB P2 tahun 2021.

Adanya stimulus PBB P2 itu menurut anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita adalah merupakan kebijakan yang sangat penting. Terlebih di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang.

“Seluruh sektor terdampak, perekonomian naik turun akibat adanya pembatasan saat ini. Maka itu penting adanya kebijakan untuk meringankan beban masyarakat,”katanya, Kamis (12/8/2021).

Adanya kebijakan stimulus PBB P2 bagi masyarakat tersebut sambung srikandi Partai Perindo ini, tentu harus diapresiasi karena mampu membantu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Adapun bila mengacu pada perwali maka stimulus PBB P2 akan diberikan hingga akhir tahun 2021, dimana besarannya ditentukan sesuai Nilai Jual Objek Pajak (NJOP).

Pertama, PBB dengan NJOP di bawah Rp 20 Juta diberi keringanan 100 persen atau gratis. Sementara PBB dengan NJOP lebih dari Rp 20 sampai Rp 80 Juta diberi keringanan sebanyak 15 persen, dan PBB dengan NJOP Rp 1-3 Miliar diberi stimulus 35 persen.

“Warga diharapkan dapat memanfaatkan stimulasi PBB P2, pemerintah mengeluarkan kebijakan ini bertujuan meringankan beban masyarakat di semua tingkat ekonomi,” tutupnya.

 

Sumber : MC. Isen Mulang.1/wspd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here