Palangka Raya, expos55.com Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin meluncurkan aplikasi siTangguh Kota Kita dan meresmikan Dashboard Covid-19 di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Senin (16/8/2021).

“Semoga dengan hadirnya inovasi ini mampu meningkatkan penanganan serta pencegahan bencana di Kota Palangka Raya,” kata Fairid dalam sambutannya.

Ia mengatakan, penanggulangan bencana bertujuan untuk perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dengan menyelaraskan peraturan perundang-undangan yang sudah ada.

Aplikasi ini nantinya akan memuat berbagai data tentang perkembangan covid-19 di Kota Palangka Raya.

“Jadi dalam aplikasi ini data harian pasien terkonfirmasi positif, kasus perbulan, kasus per tahun dan video edukasi, call center, pos dukungan MDMC penanganan covid-19, hingga nomor telepon aduan, jika terjadi sesuatu hal yang darurat,”

Lebih lanjut Fairid menjelaskan, peluncuran aplikasi ini juga sebagai sumber data dari kondisi riil yang tengah dihadapi Kota Palangka Raya. Pasalnya jika data tidak update, maka akan berpengaruh terhadap status suatu wilayah.

“Intinya kami ingin memaksimalkan keakuratan data yang ada. Selama ini data yang kita miliki hanya dipublikasikan melalui media sosial. Akan tetapi melalui aplikasi ini, dapat lebih update secara online,”

Hal itu dilakukan dengan menjamin terselenggaranya penanggulangan bencana secara terencana, terpadu, terkoordinasi, dan menyeluruh.

Tidak kalah pentingnya juga menghargai budaya lokal, membangun partisipasi dan kemitraan publik serta swasta guna mendorong semangat gotong royong, kesetiakawanan dan kederwamawanan.

“Harapannya juga, kader Kelurahan Tangguh Bencana yang sudah dibentuk dan kerjasama dengan kelompok masyarakat dalam misi penanggulangan bencana bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

 

 

MC. Isen Mulang/Usep/wspd

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here