Palangka Raya Expos55.com  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menilai, Provinsi Kalimantan Tengah memiliki banyak daya tarik dan potensi luar biasa untuk memacu perekonomian agar semakin baik kedepannya.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Anindya Bakrie di Palangka Raya, Sabtu, mengatakan, daya tarik maupun potensi Kalteng dari sisi ekonomi tak perlu diragukan, seperti sektor pertanian, perkebunan, pertambangan bahkan hingga industri.

“Juga nantinya sebagai provinsi penyangga kemungkinan ibu kota berikutnya, Kalteng memiliki potensi luar biasa,” tegasnya usai pembukaan Musyawarah Provinsi VII Kadin Kalteng.

Pihaknya pun menilai, upaya membangkitkan perekonomian baik di Palangka Raya maupun Kalteng sudah cukup baik. Hal ini terlihat dari ragam upaya meningkatkan akses UMKM maupun IKM, dimana program kemitraan antara pengusaha besar, menengah maupun kecil merupakan gabungan lokomotif dan gerbong yang tak terpisahkan.

Untuk itu, guna membantu percepatan pertumbuhan perekonomian dimaksud, Kadin memiliki sejumlah fokus, mulai dari pendanaan, business matching, hingga training agar dimilikinya tenaga siap pakai.

“Juga menjadi fasilitator agar segala macam tantangan bisnis bisa diselesaikan dan dikerjasamakan dengan pemerintah supaya menjadi kebijakan yang baik,” ungkapnya.

Sementara itu Sekda Kalteng Fahrizal Fitri mengatakan, pemprov berharap melalui muprov tersebut, terpilih pengurus yang bisa berkolaborasi bersama pemerintah daerah.

“Kami membutuhkan Kadin dalam rangka menggerakkan perekonomian Kalteng agar semakin optimal,” ungkapnya.

Kadin diharapkan menjadi motor yang mampu menggerakkan usaha maupun perekonomian, hingga pada akhirnya usaha kecil juga dapat ikut naik.

“Kami berharap pola kemitraan dijalankan maksimal, sehingga pengusaha kecil terayomi dengan adanya pengusaha besar,” katanya.

Untuk itu berbagai potensi dan peluang yang tersedia hendaknya bisa dimanfaatkan secara maksimal, guna memacu perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Semakin banyak pengusaha muncul, maka semakin terangkat pula perekonomian di Kalteng.

Dalam pembukaan muprov tersebut, selain perwakilan pengurus Kadin dari berbagai provinsi lain di Indonesia, maupun Kadin kabupaten dan kota di Kalteng, juga turut dihadiri Anggota DPR RI Agustiar Sabran.

(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here