Kuala Kapuas Expos55.com Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Parij Ismeth Rinjani, mengingatkan kembali agar perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah setempat, dapat segera membayarkan THR kepada karyawannya tepat waktu atau sebelum tiba Idul Fitri 1443 H/2022.

“Kami minta perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kapuas ini segera membayarkan THR karyawannya tepat waktu,” kata Parij Ismeth Rinjani di Kuala Kapuas, Jumat.

Legislator dari Partai Demokrat ini mengatakan, memang sudah dua tahun ini perusahaan diberi keringanan boleh mencicil THR pekerja atas dasar terdampaknya akibat pandemi COVID-19, namun tahun ini dipastikan tidak ada lagi keringanan tersebut.

Ia menambahkan, dasar hukum pembayaran THR keagamaan mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021, tentang Pengupahan dan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 tahun 2016, tentang THR Keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan.

“Dalam aturan perusahaan diwajibkan memberi THR kepada para pekerja. THR wajib dibayarkan paling lama tujuh hari sebelum hari raya keagamaan. Perusahaan wajib membayar THR sebelum Idul Fitri. Nanti akan kami pantau dan cek langsung,” katanya.

Menurut wakil rakyat yang terpilih kembali dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat ini, bahwa perusahaan harus memahami, semua karyawan adalah aset sumber daya manusia bagi perusaahan. Sehingga wajar jika diprioritaskan sesuai aturan regulasi yang ada

Untuk itu, ia berharap pemerintah daerah setempat ikut mendorong, termasuk mengawasi secara ketat jika ada perusahaan yang tidak membayar THR karyawannya sesuai aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

“Pemerintah daerah juga harus mengingatkan manajemen perusahaan bahwa THR bukanlah hadiah yang diberikan sukarela, tapi kewajiban yang harus ditunaikan,” demikian Parij Ismeth Rinjani.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here