Palangka Raya Expos55.com  Memasuki musim kemarau di Kalimantan Tengah (Kalteng) berpotensi menghadapi masalah lingkungan berupa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Maka dari itu anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing meminta kepada semua pihak agar waspada terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dan melakukan antisipasi dini.

“Hal ini penting dilakukan mengingat setiap musim kemarau, Kalteng berpotensi terjadi karhutla. Maka dari itu semua pihak khususnya unsur terkait perlu melakukan antisipasi sejak dini,” ujar Duwel, Sabtu 9 April 2022.

Dia juga menilai, antispasi Karhutla akan maksimal dilakukan jika sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan hingga tokoh masyarakat terjalin baik. Dengan demikian dampak-dampak negatif yang timbul dari karhutla dapat diminimalisir.

“Selain itu, dukungan dan bantuan dari pemerintah seperti memberikan pembinaan kepada masyarakat sangat perlu dilakukan agar masyarakat bisa semakin cepat tanggap dalam upaya mengantisipasi potensi bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi,” sarannya.

Duwel juga mengajak masyarakat supaya dapat senantiasa menjaga lingkungan sekitarnya dengan tidak membakar lahan dengan sengaja. Sebab, hal itu sangat penting dilakukan dan sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi bencana karhutla supaya tidak terjadi. “Harapannya Kalteng akan bebas dari kabut asap,” tutupnya.
(MK/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here