Expos55.com Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, berbagai program sosial yang digulirkan pemerintah pusat dalam penanganan dampak Covid-19 sejauh ini, telah dijalankan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui instansi terkait.

“Seperti halnya progran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dimana apabila program ini sudah diinstruksikan pemerintah pusat maka secara otomatis telah dijalankan, hingga diteruskan ketingkat bawah,”katanya, Jumat (3/9/2021).

Disampaikan Fairid, salah satu program terpadu kesejahteraan sosial saat ini adalah terkait penanganan dan pendataan anak yatim maupun yatim piatu yang orang tuanya meninggal dunia karena Covid-19.

“Berkenaan dengan permasalahan anak yatim maupun yatim piatu yang orang tuanya meninggal dunia karena Covid-19, sudah barang tentu menjadi perhatian kami,”tukasnya.

Ia memastikan, Dinas Sosial, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan maupun pihak kecamatan dan kelurahan, akan terus melakukan penanganan bagi anak-anak korban dampak pandemi.

Sementara disatu sisi, pendataan juga akan terus dilakukan agar jangan sampai ada anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19, luput dari perhatian.

“Hasil data yang dilakukan akan menjadi acuan dalam penanganan lebih lanjut. Terutama dalam program memberian berbagai bantuan,”ujarnya.

Namun perlu dipahami imbuh Fairid, untuk melaksanakan program bantuan tersebut tentu semuanya harus sesuai dengan hasil asesmen kebutuhan sasaran serta ketersediaan anggaran yang dimiliki.

“Nah, kalau secara teknis untuk lengkap terkait pelaksanaan program data terpadu kesejahteraan sosial ini akan dilaksanakan secara menyeluruh oleh Dinas Sosial,”tandasnya. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here