Palangkaraya, Expos55.com. Sebanyak 150 siswa SMP dan SMA mengikuti vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 12 hingga 18 tahun di Kota Palangka Raya yang dilaksanakan di SMAN I Jl. AIS Nasution No 2, Kelurahan Langkai Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya, Sabtu (17/07/2021) pagi.

Kegiatan Vaksinasi ini di Fasilitasi Badan Intelejen Negara Daerah Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Dinas pendidikan dan Dinas Kesehatan,untuk vaksinasi massal perdana pelajar yang ada di kota Palangka Raya.

Kepala BIN Daerah Kalteng Brigjen TNI Sinyo di Palangka Raya, Sabtu, mengatakan, kegiatan itu merupakan tindak lanjut arahan pemerintah yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, terkait pelaksanaan vaksinasi COVID-19 secara massal untuk kalangan pelajar.

Pada hari ini kami mengawal vaksinasi terhadap 150 pelajar di Kota Palangka Raya yang dilaksanakan di SMAN-1 kota setempat berjalan aman dan lancar,” kata Sinyo.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng)  A.Saifudi mengatakan, bahwa sebanyak 150 siswa yang divaksin berasal dari SMP dan SMA yang berada di Kota Palangka Raya, masing-masing sekolah mendapat jatah vaksin dengan jumlah beragam, ada sekolah yang mendapat jatah untuk 30 siswa, 50 siswa dan 70 siswa.

“Yang akan mendapatkan vaksin berjumlah 150 siswa yang berasal dari SMP dan SMA yang ada di Kota Palangka Raya dengan jumlah yg beragam,” kata Saifudi.

Dijelaskan Saifudi,  bahwa dosis vaksin Sinovac yang diberikan kepada siswa sama dengan dosis orang dewasa yakni 0,5 ml dan  setelah mendapatkan vaksinasi tahap 1, 150 siswa diarahkan untuk mendapat vaksin tahap II di puskesmas tempat tinggal masing-masing.

Ditambahkannya, bagi siswa yang tidak kebagian divaksin pada hari ini, akan diarahkan mendapatkan vaksin di puskesmas sekitar tempat tinggal masing-masing.

Dikatakan Saifudi, siswa yang divaksin harus mendapat izin dari orangtua. Orangtua berhak menolak anaknya mendapatkan vaksin. Sebanyak 150 siswa yang divaksin di SMAN 1 sudah mendapat izin tertulis dari orangtua. menargetkan, vaksinasi untuk siswa selesai dilakukan dalam jangka waktu  beberapa bulan kedepan.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kalteng mengatakan Pemerintah melibatkan pihak sekolah dan Dinas Pendidikan untuk mengatur pembagian jadwal vaksinasi, agar tidak terjadi penumpukan dan kerumunan.

Anak-anak datang ke sekolah membawa kartu keluarga. Jadi yang mengadakan itu sekolah,” kata Kepala Dinas Kesehatan provinsi kalteng, Sabtu.17/7/2021

Sementara itu, Arbusin Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Palangka Raya menyambut baik adanya pelaksanaan vaksinasi bagi siswa yang berjalan lancar dan sukses.

“Mari kita sambut vaksinasi anak sekolah ini dengan baik, agar anak didik kita terhindar dari penyakit dan mempunyai imun yang kuat dan kebal dari segala virus terutama virus Covid-19,” ujarnya.

Kami ucapkan terima kasih kepada Kapolda Kalteng, Danrem 102/Pjg Juga Dinas Kesehatan,Dinas Pendidikan ,serta BIN Daerah Kalteng yang memfasilitasi vaksinasi massal pelajar di kota Palangka Raya serta orang tua siswa yang mendukung kegiatan vaksinasi ini.
(red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here