Tamiang Layang Expos55.com Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengimbau masyarakat mengikuti vaksinasi dosis ketiga atau booster.

“Agar kita bisa terhindar dari gelombang ketiga COVID-19,” kata Ampera di Tamiang Layang, Rabu.

Selain itu, Ampera juga meminta warga yang belum mengikuti vaksin dosis pertama dan kedua juga bisa mengikuti vaksinasi, yang dilaksanakan pemkab melalui puskesmas maupun langsung mendaftarkan diri ke RSUD Tamiang Layang, atau mengikuti vaksinasi yang dilaksanakan TNI dan Polri.

Dalam evaluasi efektivitas vaksin COVID-19 yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes RI, vaksin terbukti mampu menurunkan risiko terinfeksi COVID-19, serta mengurangi perawatan dan kematian bagi tenaga kesehatan.

Vaksinasi berperan memperlambat risiko infeksi COVID-19. Warga yang divaksinasi lengkap relatif memiliki ketahanan tubuh yang lebih lama untuk tidak terinfeksi COVID-19 dibandingkan warga yang belum divaksin.

Ampera juga meminta warga yang sudah divaksin lengkap maupun sudah mengikuti vaksin booster, tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Protokol kesehatan itu juga penting, sama halnya dengan vaksinasi,” terangnya.

Sebab, kata dia, kemungkinan orang untuk terpapar virus akan tetap ada namun kemungkinan besar tidak menjadi penderita dengan gejala parah maupun menyebabkan kematian.

Orang nomor satu di Pemkab Barito Timur itu juga menyatakan dirinya bersama keluarga sudah mengikuti vaksinasi booster pada Selasa (22/2). Menurutnya, usai divaksin hingga melaksanakan kegiatan sehari-hari sebagai Bupati Barito Timur belum merasakan efek negatif.

“Iya kemarin mengikuti vaksinasi booster. Semoga Barito Timur terhindar dari gelombang ketiga COVID-19,” kata Ampera.
(ant/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here