Banjarmasin Expos55.com Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) bertema Hilirisasi dan Kolaborasi untuk Pertumbuhan Berkelanjutan di Jakarta.

Rakornas digelar oleh Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Ri dan dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pada acara ini juga digelar pemberian Anugerah Layanan Investasi 2021 kepada  Kementerian/Lembaga, Provinsi, dan Kabupaten/Kota.

Sahbirin Noor menjelaskan beberapa poin penting yang ditekankan oleh Presiden RI pada Rakornas ini.

“Investasi berperan penting sebagai motor penggerak kegiatan perekonomian nasional. Pemerintah harus secara konsisten berupaya menjadikan  daerah sebagai pusat kegiatan usaha,” ucapnya, Rabu (24/11/2021).

Saat ini, Pemerintahmendorong hilirisasi seluruh sumber daya alam yang dimiliki, termasuk dengan pengembangan industri baterai kendaraan listrik dan kendaraan listriknya.

Ia jua menjelaskan pentingnya upaya inovasi sumber daya alam terbarukan, dengan  meninggalkan bahan bakar fosil yang tidak ramah lingkungan dan mempercepat transformasi menuju ekonomi hijau.

“Untuk mewujudkan target realisasi investasi Rp1.200 triliun pada tahun 2022, Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah juga didorong untuk meningkatkan kolaborasi dan kekompakan meningkatkan kinerja,” jelas Sahbirin dalam poin yang disampaikan Presiden RI.

Setiap investor yang masuk ke daerah juga diwajibkan berkolaborasi dengan pengusaha yang ada di daerah dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah).
(MMC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here