Kandangan Expos55.com  Sebuah objek wisata di pusat wisata Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan, terkesan kurang terawat, hingga cukup mengecewakan pengunjung yang bertandang ke lokasi tersebut.

Wartawan Antara Biro Kalsel yang melakukan kunjungan ke lokasi sentra wisata Loksado, hari Minggu berkesempatan mengunjungi lokasi yang bagian dari hamparan Pegunungan Meratus tersebut.

Kesan pertama adalah kotor, karena banyaknya sampah yang berserakan di mana-mana di lokasi itu, termasuk di dekat air terjun itu sendiri.

Kemudian juga kesan terbengkalai, karena toilet sudah sangat kusam seakan tak ada pemeliharaan, jalan menuju arak lokasi itu becek, tempat duduk hampir ada satu dua itupun sudah rapuh.

Padahal lokasi Air terjun Riam Barajang tersebut tak terlalu jauh dari resot resort atau tempat penginapan yang ada di loksado, seperti resor Meratus, resor Alam Roh dan lainnya, atau berjalan kaki sekitar seperempat jam atau hanya 800 meter dari jalan Raya.

Seorang  pengunjung menyebutkan bahwa lokasi tersebut cukup indah, tinggal bagaimana pembenahannya ke depan, apalagi lokasi tersebut berada di kawasan pemukiman suku pedalaman dan balai adat yang memiliki nilai pariwisata yang tinggi.

Ia berharap pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata  membenahi lokasi itu jika ingin menciptakan kawasan Loksado destinasi wisata nasional yang terkenal.

Dibandingkan dengan air terjun Haratai yang berjarak 10 Km dari pusat kecamatan Lokasado yang belakangan cukup indah dan terawat serta banyak fasilitas, maka sangat bijaksana jika air terjun Riam Barajang yang cuma ratusan meter dari pusat kecamatan juga dibenahi.

Seorang warga setempat mengaku iri dengan air terjun Haratai yang sudah bagus karena memperoleh bantuan Dinas Pariwisata, sementara Riam Barajang tidak dibenahi, karena itu iapun berharap lokasi tersebut dibenahi untuk meningkatkan kedatangan wisatawan ke Loksado.

Loksado belakangan memang menjadi tujuan alternatif wisatawan Kalimantan di saat masa pandemi ini karena jika harus wisata ke antar pulau atau ke Jawa dinilai sangat sulit harus antigen atau PCR, makanya lebih baik ke Loksado.

Apalagi Loksado dengan keindahan alamnya telah menjadi magnet kunjungan apalagi setelah dibangunnya banyak resort maka lokasi ini sudah menggiurkan, tak salah jika ada ucapan pengunjung saat berada di Loksado saat ini seakan tak berada di tanah Kalimantan, serasa ada di Lembang, Jawa Barat.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here