Kuala Kapuas Expos55.com Air pasang (rob) kembali merendam sejumlah kawasan jalan dan rumah warga di dalam Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Minggu (5/12) malam.

“Air pasang yang merendam kawasan Jalan Ahmad Yani, Jalan Suprapto dan Jalan Sudirman, khususnya kawasan pasar, baru kali ini cukup tinggi airnya, sebelumnya belum pernah,” kata Supriyanto warga  Jalan Suprapto   Kuala Kapuas, Minggu malam.

Dikatakannya, setiap tahun memang air pasang sering naik, tapi tidak naik pada tahun ini yang tingginya hampir lutut orang dewasa.

“Semoga saja tidak semakin meninggi airnya, dan cepat surut kembali,” harapnya.

Sementara itu, pantauan di beberapa ruas jalan protokol di dalam Kota Kuala Kapuas, jalan yang terendam air pasang kawasan yang dekat dengan  Sungai Kapuas, seperti Jalan Ahmad Yani, Jalan Suprapto,Jalan Sudirman, Jalan Tandean, Jalan Melati, Jalan Mawar, Jalan Tjilik Riwut dan  Jalan Kapuas.

Sebagian rumah warga yang berada dekat dengan aliran  Sungai Kapuas, ikut terendam air pasang. Air yang merendam sejumlah jalan dan rumah warga terjadi sekitar pukul 20.30 WIB, disertai dengan hujan intentitas sedang.

Adanya air pasang, sebagian warga memanfaatkan momen tersebut untuk mencuci mobil dan kendaraan roda duanya.

Sebelumnya, air pasang juga merendam kawasan jalan dan rumah warga di Kota Kuala Kapuas. Ini diduga meluapnya air  Daerah  Aliran  Sungai (DAS) Kapuas, sehingga air merendam sejumlah kawasan jalan dan rumah warga terutama yang dekat dengan  sungai  tersebut.
(antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here