KUALA KURUN Expos55.com Bupati Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong bersama Kapolres AKBP Irwansah, Kajari Anthony, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait meninjau persiapan Perusahaan Besar Swasta (PBS) yang akan melakukan perbaikan terhadap kerusakan ruas Jalan Kuala Kurun-Palangka Raya, di Desa Tanjung Karitak, Kecamatan Sepang.

“Jadi selama perbaikan jalan tersebut, kami putuskan bahwa untuk sementara truk-truk angkutan PBS dilarang melintas di ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya. Keputusan ini berlaku sampai dengan selesai diperbaikinya jalan yang rusak tadi,” tegas Bupati Gumas Jaya S Monong, Rabu 5 Januari 2021.

Untuk mendukung keputusan itu, akan dibuat pos terpadu di beberapa lokasi, yakni di pertigaan Tewah-Rungan-Kurun, muara jalan ke Tahura Lapak Jaru, Kurun Seberang tepatnya di pertigaan Palangka Raya-Kurun-Sei Hanyo, Desa Teluk Nyatu, Dahian Tambuk, Rangan Tate, Tanjung Karitak, Tewai Baru, Pematang Limau, dan Kelurahan Sepang Simin.

“Di pos terpadu itu, akan diisi personel TNI, Polri, Satpol PP, dan personel bidang perhubungan. Mereka berjaga 24 jam untuk memantau truk angkutan PBS agar tidak melintasi di ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya-Kuala Kurun yang melintasi Kabupaten Gumas,” tuturnya.

Sejauh ini, lanjut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah menyurati PBS perihal penanganan kerusakan jalan Kuala Kurun-Palangka Raya yang melintasi wilayah Kabupaten Gumas. Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil beberapa kali rapat, termasuk rapat terakhir yang dipimpin Wakil Gubernur Kalteng pada 17 Desember 2021 lalu.

“Di dalam surat itu, kami minta kepada PBS untuk segera merealisasikan penanganan kerusakan ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya yang melintasi Kabupaten Gumas. Jika tidak ada realisasi, maka akan diambil tindakan tegas sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Setelah surat ini dikeluarkan, kata dia, baru ada tiga PBS sektor pertambangan yang merespon surat tersebut dan bersedia melaksanakan perbaikan kerusakan ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya. Kepada PBS lain, diminta untuk segera melakukan hal yang sama.

“Kami ingin komitmen penuh semua PBS yang berinvestasi di Kabupaten Gumas dalam mendukung perbaikan kerusakan ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya yang melintasi Kabupaten Gumas,” terangnya.

Dia menambahkan, tentu PBS yang akan melakukan perbaikan kerusakan ruas jalan Kuala Kurun-Palangka Raya yang melintasi wilayah Kabupaten Gumas juga harus mengikuti standar yang sudah ditetapkan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Gumas.
(MK/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here