Expos55.com Palangka Raya – Dampak pandemi Covid-19 benar-benar membuat lumpuh sebagian usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Cantik Palangka Raya.

Namun pemerintah terus memberikan bantuan modal usaha kepada pelaku UMKM. Di 2020 ada 7.200 pelaku UMKM di Kota Cantik yang sudah dapat bantuan modal usaha dari kementerian.

Program stimulus ini menurut Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, dan Perindusterian Kota Palangka Raya, Rawang terus berlanjut hingga tahun ini.

Rawang menyebut tahun lalu dinasnya mengusulkan 12.000 UMKM agar mendapatkan bantuan modal sebesar Rp2,4 juta, namun hanya 7.200 UMKM yang direalisasi.

“Karena masih banyak UMKM yang belum dapat bantuan, sehingga tahun ini kita usulkan lagi, tapi jumlahnya tidak sebesar tahun lalu yakni cuma Rp1,2 juta,” sebut Rawang, Senin (26/7/2021).

Rawang menuturkan syarat untuk mendapatkan bantuan ini yakni para UMKM harus mendaftar secara online. Setelah itu berkasnya disampaikan ke Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, dan Perindusterian Kota Palangka Raya dengan melampirkan surat keterangan usaha, izin usaha, dan lainnya.

“Kalau belum ada punya izin dari dinas, maka bisa minta dari kelurahan. Kalau jumlah UMKM yang akan dapat bantuan tidak terbatas, karena ini khusus bagi yang terdampak Covid-19,” tandasnya.
(MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here