Banjarmasin Expos55.com Akademi Martim Nusantara (Amnus) Banjarmasin menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Pelantikan Perwira Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan serta Yudisium XVI Wisuda XV, di salah satu hotel berbintang, Banjarmasin, Sabtu (6/11/2021).

Direktur Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin, Noor Fathulliansyah, mengatakan 58 Perwira Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan yang diwisuda hari ini telah siap untuk terjun ke dunia kerja.

Ditambahkan Fathul, dari 58 Taruna/Taruni, 31 di antaranya telah direkrut dan menjadi karyawan tetap di sejumlah mitra perusahaan pelayaran di Banjarmasin.

“Lulusan Amnus dipastikan siap kerja dan siap ditempatkan disemua lini perusahaan pelayaran baik laut ataupun darat,” kata Fathul.

Biasanya, lanjut Fathul, hampir 100 persen lulusan Amnus direkrut oleh perusahaan-perusahaan pelayaran yang menjadi mitra. Namun, kondisi pandemi saat ini menyebabkan belum semua Taruna/Taruni bisa bergabung dengan mitra pelayaran.

“Memang saat ini banyak perusahaan mitra kita yang masih menunggu kondisi membaik. Biasanya hampir 100 persen lulusan Amnus akan direkrut oleh perusahaan-perusahaan pelayaran yang menjadi mitra,” tambah Fathul.

Oleh karena itu, di situasi seperti ini, Amnus Banjarmasin turut membekali Taruna/Taruni dengan keterampilan yang sesuai dengan kondisi dan perkembangan dunia pelayaran.

“Tidak bisa dipungkiri dimasa pandemi seperti saat ini semua sektor, termasuk pelayaran terkena dampaknya. Kamipun membekali Taruna/Taruni kami dengan keterampilan dan inovasi kurikulum yang sesuai perkembangan zaman,” ujar Fathul.

Sejauh ini, Amnus Banjarmasin telah melahirkan 800 lebih Perwira Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan yang terserap oleh dunia kerja seperti perusahaan pelayaran, pelabuhan, dan bongkar muat.

“Bahkan di antara 800 lulusan Amnus sudah ada yang menjadi pimpinan perusahaan pelayaran,” pungkas Fathul.
(MC Kalsel/M.Said)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here