Banjarmasin, expos55.com Menjadikan Kelurahan Belitung Utara, Kecamatan Banjarmasin Barat terbaik dalam Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Kalsel tahun 2021, tak membuat Lurah Amrullah, lalu bersikap jumawa.

Pria lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini, terlihat tetap ramah kepada semua orang.

Usai menerima penghargaan juara 1 Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Kalsel dari Pj Gubernur Kalsel, Safrizal, saat peringatan Harijadi Provinsi Kalsel ke 71 di Gedung Mahligai Pancasila, Aam, begitu panggilan akrabnya menuturkan, keberhasilan tersebut atas usaha dan jerih payah semua pihak, termasuk masyarakat di Kelurahan Belitung Utara.
Saat lomba tersebut, kata Aam, ada tiga inovasi Kelurahan Belitung Utara yang diunggulkannya, pertama terkait kerjasama dengan pengurus Puskesmas Kuin Raya dalam hal penerapan program Lekasi (Lelaki Asi).
“Inovasi program ini bertujuan untuk meningkatkan peran serta suami dalam hal mendampingi istri, dari sejak hamil, melahirkan, menyusui dan untuk meningkatkan peran ibu menyusui ASI ekslusif, serta mencegah stunting,” ujarnya,.
Inovasi kedua, terangnya, yaitu Taman Iwak Gang AA Bungas.
Inovasi ini dengan memanfaat selokan.
Dengan adanya inovasi tersebut, selokan yang biasanya kotor, setelah dibersihkan secara bergotong royong, akhirnya menjadi bersih lalu menjadi taman. “Selokan biasanya bau, kotor, kemudian diubah warga dengan cara bergotong royong sejak tahun 2019 sampai 2020, akhirnya sekarang menjadi Taman Iwak.
Jadi namanya Taman Iwak Gang AA Bungas, karena letaknya di dalam Gang AA,” jelasnya.
Sedangkan inovasi ketiga yang diikutkan pria berpenampilan low profil ini adalah, program Jumat Berbagi.
Kegiatan ini bertujuan membantu warga yang kekurangan dengan memberikan Sembako gratis.
Hebatnya, program ini juga telah dilakukannya sejak tahun 2019 lalu.
Selain berbagi, dalam program ini, pemerintah kelurahan juga bisa menyerap langsung aspirasi masyarakat. “Setiap Jumat kami memberikan Sembako sebanyak 2 paket.
Alhamdulillah masih berjalan sampai sekarang. Jadi 3 hal ini yang kami unggulan ketika paparan penilaian Lomba Desa Kelurahan tingkat kota ditingkat provinsi,” tutupnya.
dokpim-bjm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here