Expos55.com  Palangka Raya – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya Emi Abriyani menyebutkan sebanyak 12 kelurahan di Kota Palangka Raya telah terdampak banjir.

“Berdasakan data rekapitulasi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops), tercatat 12 kelurahan di Palangka Raya terdampak banjir,” ungkapnya, Selasa (14/9/2021).

Adapun 12 kelurahan yang terdampak banjir tersebut yaitu Kelurahan Pahandut, Langkai, Tanjung Pinang, Pahandut Seberang, Tumbang Rungan. Selanjutnya Kelurahan Palangka, Bukit Tunggal, Petuk Ketimpun, Kameloh Baru, Danau Tundai, Bereng Bengkel dan Kelurahan Marang.

“Kelurahan yang terdampak banjir ini rata-rata berada pada kawasan penduduk di dekat daerah bantaran aliran sungai (DAS),” jelasnya.

Masih dari data rekapitulasi sementara Pusdalops, dimana dari 12 kelurahan terdampak banjir itu secara keseluruhan mencakup sebanyak 27 RW, 95 RT. Sementara warga yang terdampak langsung banjir tercatat sebanyak 2.948 warga.

“Tim BPBD Kota Palangka Raya bersama para relawan telah mendirikan posko kesehatan, posko pengungsian dan posko relawan serta pendistribusi air bersih,” sebut Emi.

Perlu diketahui sambung dia, banjir yang terjadi di kawasan penduduk di dekat DAS di Kota Palangka Raya, lebih disebabkan karena luapan air Sungai Kahayan dan Sungai Rungan.

“Iya, banjir ini merupakan banjir kiriman seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya,” tandasnya. (MC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here